Pemkab Kupang – Bakamla RI Tandatangani Kerjasama

  • Bagikan
Bupati Kupang Korinus Masneno sedang menandatangani kerjsama dengan Bakamla RI Senin (8/11/21)

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Pemkab Kupang dan Bakamla RI menandatangani Kerjasama pembangunan Stasiun Sisten Peringatan Dini (SPD) keamanan dan keselamatan perairan di Wilayan itu.

 

Kegiatan ini berlangsung di ruang rapat Bupati Kupang di Oelamasi Senin (8/11/2021). Turut mendampingi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Kupang Apriamos Uly. Kepala Kantor Maritim Timur Laksamana Pertama Bakamla Arif Sumartino dan jajarannya. Kabag Tatapem Dikson Selan dan Kabag Prokopim Martha Para Ede.

 

Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) merupakan Lembaga Pemerintah non-Kementerian yang berkedudukan dan bertanggungjawab langsung kepada Presiden. Tugas melakukan patroli keamanan dan keselamatan di Wilayah Perairan Indonesia dan Wilayah Yurisdiksi Indonesia.

 

Bupati Kupang dalam sambutannya mengatakan, nota kesepakatan ini merupakan wujud sinergitas program antara Pemerintah Pusat dan Daerah. Untuk penguatan sistem keamanan di bidang kelautan. Ini akan menjadi dasar dalam proses penyediaan lokasi pembangunan sistem peringatan dini keamanan dan keselamatan perairan diwilayah kabupaten Kupang.

 

Atas nama Pemkab Kupang, Masneno menyampaikan selamat datang kepada semua pejabat Bakamla RI di kabupaten Kupang.

“Terima kasih karena telah memilih kabupaten Kupang sebagai daerah pembangunan Sistem Peringatan Dini”, ucap dia.

 

Korinus Masneno berharap semoga kerjasama yang terjalin bisa memberi kontribusi positif terhadap seluruh proses pembangunan di daerah, terutama dibidang kelautan.

 

“Mari bersama wujudkan kerjasama ini melalui kerja profesional, transparan dan akuntabel demi keutuhan wilayah NKRI. Jadikan kabupaten Kupang sebagai wilayah yang semakin dikenal. Juga Semau, dengan keindahan alam dan pantainya sebagai destinasi wisata unggulan dengan adanya SPD”, tuturnya.

Direktur Kerjasama Bakamla RI Laksamana Pertama Bakamla Sandy M. Latief mengatakan seiring perkembangan lingkungan strategis, Bakamla RI terus berupaya mengembangkan dan membangun SPD. SPD ini ada di beberapa titik strategis di wilayah Indonesia. Tidak hanya berfungsi sebagai etalase keamanan negara, namun juga menunjukkan bahwa Bakamla RI senantiasa hadir dalam upaya pertahanan kedaulatan negara.

 

Latief menjelaskan maksud dan tujuan kerja sama ini untuk membangun dan mengatur sinergi dalam pola pikir dan pola tindak. Tentang peningkatan keamanan dan keselamatan khususnya wilayah perairan kabupaten Kupang.

 

Penandatanganan kerjasama kali ini, meliputi penandatanganan nota kesepahaman antara Bakamla RI dengan Pemkab Kupang meliputi perencanaan. Penyediaan dan penetapan lokasi/lahan pembangunan SPD keamanan dan keselamatan perairan di wilayah kab. Kupang.

 

Sandy M. Latief yakin dengan adanya kerjasama ini, tidak hanya dapat memperkuat upaya pengamanan wilayah perairan Kupang. Juga peningkatan kapasitas masyarakat pesisir. Tidak hanya mendukung upaya pengamanan daerah perairannya, melainkan meningkatkan taraf hidup penduduk pesisir perairan Kupang.

 

Kegiatan ini dilanjutkan dengan penandatanganan naskah kerjasama  dan penyerahan cindera mata antara Pemkab Kupang  dan Bakamla RI.

Penulis: NH/rilis_pKpEditor: sintus
  • Bagikan