Desa, Jadi Pusat Pembangunan

Reporter: Rilis_pkpEditor: Sintus
  • Bagikan
Bupati Kupang buka Rakor Camat, Kades Kamis (4/11/21)

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Bupati Kupang Korinus Masneno membuka Rapat Koordinasi (Rakor) bagi Camat, Kades dan BPD se-Kabupaten Kupang Tahun 2021.

 

Kegiatan berlangsung di Aula Bupati Kupang di Oelamasi Kamis (4/11/21) dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

 

Dalam sambutannya Bupati Kupang mengatakan, pusat pembangunan di tingkat kabupaten Kupang berada di desa. Desa merupakan garda terdepan yang berhadapan dengan masyarakat.

 

Menurut dia, jika desa sekarang menjadi pusat perhatian pemerintah yang dibangun dari bawah, maka benteng pertahanan Bupati adalah para camat. Fungsi benteng pertahanan yaitu memfasilitasi, memberi arahan, menegakkan aturan dan mengontrol di garda terdepan yaitu di desa-desa.

 

Masneno menerangkan, kegiatan ini seharusnya dilaksanakan secara rutin, namun karena pandemi maka rakor ini baru dilaksanakan.

 

“Ini merupakan kesempatan bisa bertemu dengan pihak Polres, Kajari. Pajak Pratama dan BPJS dalam membangun kesepakatan untuk bersama memperbaiki yang belum sempurna dan menata kembali jalan yang salah”, kata dia.

 

Korinus berharap forum ini bisa dimaknai sebagai tanggungjawab dalam rakor. Hanya orang yang menyadari kekurangan yang mampu berpikir, mencari solusi dalam persoalan ini.

 

“Ada desa yang LPJ tahun 2020 belum dipertanggungjawabkan. Saya meminta Inspektorat Daerah dan kita semua untuk melakukan pendekatan dan penegasan agar bisa dilakukan pengesahan pencairan anggaran. Harus ada kerjasama antara BPD dan Pemdes untuk bersatu membangun negeri”, tegas Korinus Masneno.

 

Mengenai proses pemilihan Kades Korinus mengimbau agar para Camat melakukan pembinaan. Dan pendampingan bagi para Kades demi mendapatkan solusi agar Pilkades bisa berjalan dengan sukses. Karena Camat merupakan Bupati Kupang ditingkat kecamatan. Jadi jangan ragu mengambil keputusan namun jangan jadikan sebagai kesempatan menjadi bupati-bupati kecil. Di sini peran Camat sangat luar biasa karena sukses tidaknya Pilkades, ada di tangan camat.

 

Akhir kata, Masneno mengucapkan selamat berkarya bagi para Kades dan Camat. Semoga kita mampu membangkitkan rakyat kita untuk maju, mandiri dan sejahtera.

 

Turut hadir, Wakil Bupati Jerry Manafe, Kapolres Kupang, perwakilan Kajari Oelamasi. Perwakilan Dandim, Kepala BPJS Oelamasi, perwakilan Kepala Kantor Pajak Pratama. Kepala Dinas PMD kabupaten Kupang, para Camat dan para Kades se-kabupaten Kupang.

  • Bagikan