Bupati Kupang, Segera Pindahkan PDAM Kabupaten Ke Oelamasi

Reporter: Mercy/rilisEditor: sintus
  • Bagikan
Bupati Kupang Korinus Masneno sedang menyimak penjelasan Staf dari Balai Prasarana Permukiman NTT pada acara grouns breaking pembangunan IPA SPAM bendungan Raknamo Selasa (26/10/21)

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – “Kebutuhan akan air bersih penting diperhatikan dan air minum yang berkualitas akan dimulai dari Desa Raknamo. Saya berencana memindahkan kantor PDAM yang terletak di Kota Kupang ke Kabupaten Kupang. Kalau di kota cukup untuk sekretariat konsumen saja”.

 

Demikian Bupati Kupang Korinus Masneno saat Ground Breaking Pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kapasitas 40 x 2L/Det di Desa Raknamo, Selasa, (26/10/2021),

 

 

Setelah Ground Breaking Bupati Kupang meninjau lokasi IPA SPAM yang akan dibangun dan dikerjakan oleh kontraktor Karaga-Maju Jaya KSO. Nilai kontrak proyek tersebut Rp.87.274.466.461 termasuk PPN 10% yang sumber dananya berasal dari APBN 2021/2022. Pemilik proyek adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat-Direktorat Jenderal Cipta Karya.

 

Bupati menerangkan, masyarakat 10 Desa di Kupang Timur dan Amabi Oefeto, akan terlayani air minum, persembahan Kementerian PUPR. juga perkantoran di Civic center Oelamasi.

 

“Kita patut berbangga, daerah kita selalu mendapat perhatian, dukungan dari Pemerintah Pusat. saya meminta semua elemen saling mendukung demi kelancaran pengerjaan proyek ini,”ungkapnya.

 

Dia berharap, proyek tersebut selesai tepat waktu pada November 2022 dan dapat dinikmati oleh masyarakat.

“Kalau sempat, sebelum saya pergi (berakhir masa kepemimpinan)”, ucap dia.

 

Lebih lanjut Bupati berharap pembangunan instalasi air minum ke depannya dapat melayani kebutuhan air bersih masyarakat sampai ke desa-desa.

 

Bupati menyinggung civic center di Oelamasi yang mana terpusat semua perkantoran baik pemda maupun kantor-kantor vertikal yang terletak di civic center Oelamasi. Juga rencananya civic center Oelamasi akan dibangun BKN Cabang Provinsi NTT, untuk pelayananan kepegawaian di NTT.

 

“Kita bersyukur Kabupaten Kupang banyak mendapat perhatian”, ujarnya.

 

Roy Marthen dari Balai Prasarana Permukiman NTT menyatakan, pembangunan IPA dan Sistem Penyediaan Air Minum dirintis bersama Pemda dan masyarakat.

 

“Diharapkan dukungan, kerja sama yang baik agar semua dapat terlaksana dan berjalan lancar”, ucap dia.

 

Rencana Pembangunan IPA SPAM Raknamo dengan kapasitas 100 liter/detik (2×24 lps), merupakan keinginan masyarakat memperoleh air bersih layak dikonsumsi. Dan SPAM  Raknamo dapat memenuhi kebutuhan air bersih daerah pelayanan hingga tahun 2032.

 

“Setelah tahun 2032 perlu pengembangan IPA Baru, untuk mencukupi kebutuhan air bersih”, jelasnya.

 

Sebagai informasi, sumber air yang digunakan pada pembangunan IPA kap 40x2L/Det SPAM Kabupaten Kupang ini berasal dari bendungan raknamo. Debit air yang akan dimanfaatkan yaitu 80L/Det. Proyek pembangunan ini merupakan project strategis.

 

Turut mendampingi Bupati Kupang, Kadis PUPR Kabupaten Kupang Jhony Nomseo, Kabag Prokopim Martha Ede. Kepala RSKK Beni Selan dan Dirut PDAM Kabupaten Kupang Yoyarib Mau.

  • Bagikan