Danlanud El tari Tinjau Lokasi Paralayang di Alor

  • Bagikan
Wakil Bupati Alor, S. Pd, M.Pd bersama Komandan Lanud Pangkalan Eltari, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Umar Fathurohman, S.IP. M.Si dan rombongan Senin (27/9/21).

KALABAHI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Komandan Lanud Pangkalan Eltari, Marsekal Pertama  (Marsma) TNI Umar Fathurohman, S.IP. M.Si meninjau lokasi yang menjadi titik “Take Of” Paralayang. Lokasi take off tersebut berada di desa Hulnani  Kecamatan Alor Barat Laut Kabupaten Alor Propvinsi NTT. Kedatangan Danlanud disambut Wakil Bupati Alor, Imran Duru, S.Pd. M.Pd di ruang kerja Wakil Bupati Alor, Senin (27/9/2021).

 

Danlanud Umar Fathurahman didampingi, Kadisops Lanud Eltari, Kol. Prato Anggit Budi Wibowo, S. A. P  dan (Kaintel) Kapten Sus Ashari Rahman, S. Sos. Tiba di ruang kerja Wakil Bupati Alor sekitar pukul 9.00 Wita diterima langsung oleh Wakil Bupati Alor, Imran Duru, S.Pd. M.Pd.  Asisten III Setda Alor dan Melkisedek Belly, S.Sos. M.Si,  Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Setda, Ridwan Iho, S. Sos.  Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Marwiah Djakra, S. Sos dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Ignasius Laga Sani, S. Sos, M. AP.

 

Untuk diketahui, aksi Paralayang berlangsung Kabupaten Alor Propvinsi NTT pada 18 Oktober 2021 mendatang.

 

Wakil Bupati Alor mengungkapkan, Alor itu artinya Alamnya Lestari, Orangnya Ramah. Dan Alor juga dijuluki,  Tanah Terjanji, Surga di Timur Matahari.

 

“Nanti Pak Danlanud akan menikmati jika mau menikmati kondisi yang ada di Alor. Mungkin salah satunya pada saat kita melakukan kunjungan ke tempat atau lokasi kegiatan,” ungkap Imran, menyapa Danlanud dan rombongan.

 

Pemerintah Kabupaten Alor, mengucapkan terima kasih kepada Danlanud dan jajarannya atas dukungan yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Alor. “Terutama dalam mensukseskan kegiatan yang sifatnya nasional ini, mengajukan permohonan kepada Bapak Danlanud berkaitan dengan kehadiran dari para peserta laying”, kata dia.

 

“Dari kondisi transportasi, apalagi di tengah pandemi covid ini kita terkendala dengan hal semacam itu. Permohonan tersebut ternyata diterima oleh bapak Danlanud,  sehingga mungkin pesertanya diangkut lewat pesawat Hercules. Ini  sesuatu yang luar biasa.  Kami merasa bangga dan terima kasih atas dukungan dan kontribusi dari Pak Danlanud dan jajajarannya yang turut melancarkan kegiatan ini. Pemerintah mengucapkan banyak – banyak terima kasih. Apa lagi Bapak Danlanud sudah berada di Alor.  Kami merasa bangga karena seorang petinggi di propinsi hadir di Kabupaten Alor itu sangat luar biasa. Karena itu, kami ucap terima kasih,” ungkap Wakil Bupati Alor.

 

Wakil Bupati menilai, dukungan Danlanud dalam rangka kegiatan paralayang ini merupakan suatu percerminan perhatian dari pada Pak Danlanud kepada Kabupaten Alor. Karena itu, dalam rangka kunjungan ini apa yang disampaikan tadi, kiranya kita tetap bekerja sama. Ada hal – hal yang masih terkendala bisa kita atasi bersama sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik”, ujar Wabup

 

Menurut dia, kegiatan ini bersifat nasional. Ini berarti mengangkat nama Kabupten Alor itu sendiri ini. Apa lagi lokasi yang dipilih, adalah di Desa Hulnani , Kecamatan Alor Barat Laut. Salah satu tempat yang kalau dilihat tempatnya sangat strategis. Panitia dan para pegiat dari Jawa Barat dan Jawa Timur pernah terjun ke lokasi beberapa waktu lalu. Dan telah memberikan gambaran yang luar biasa bahwa lokasi tersebut  merupakan salah satu destinasi pariwisata untuk kegiatan ini.

 

 

Komandan Lanud Pangkalan Eltari, Marsekal Pertama  (Marsma) TNI Umar Fathurohman, S.IP. M.Si menjelaskan kedatangannya ke Alor dan memberikan penjelasan dan gambaran keberadaan Lanud.

 

Menurutnya, wilayah Lanud seluas wilayah propinsi NTT. Termasuk pulau Wetar walaupun propinsi masuk Maluku Selatan tetapi wilayah Lanudnya masuk Lanud El tari.

 

 

“Kami sekarang Lanud ini sudah menjadi Lanud tipe A. Berarti, Lanud yang sudah sebagai pangkalan operasi untuk kegiatan-kegiatan operasi penerbangan untuk pengamanan wilayah udara”, jelasnya.

 

 

Selain pengamanan udara, kegiatan Lanud  lainnya yakni pembinaan potensi kedirgantaraan. Potensi kedirgantaraan ini menindaklanjuti pelaksanaan sebagai wilayah dalam mendukung kegiatan TNI juga mendukung kegiatan Propinsi dan kabupaten.

 

 

“Nah kebetulan dalam waktu dekat juga akan digelar kejuaraan paralayang di Alor. Memang selama ini kejuaraan paralayang, kalau di NTT itu biasanya di Lembata. Ternyata dari aspek wilayah, di Alor wilayah lebih bagus dan cocok untuk melaksanakan olahraga seperti ini.” Ungkapnya.

 

 

“Kami kemarin juga sudah sampaikan ke Pak Gubernur, kami ijin untuk mengunjungi Alor melihat dari dekat bahkan kesiapan – kesiapan. Termasuk para atlit yang nanti hadir di sini (Alor). Pak Gubernur kalau tidak halangan akan juga hadir di sini”, pungkasnya. (Kasubag Komunikasi Pimpinan Marthen J. Manilau, SH – Alor)

  • Bagikan