Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Sektor Jasa Keuangan dan REI Gelar Vaksniasi

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Dalam rangka mempercepat pencapaian herd immunity masyarakat kota kupang berbagai lembaga perlu ikut berpartisipasi dalam proses vaksinasi.

Sektor jasa keuangan dibawah koordinator BI bersama REI menjadi salah satu lembaga yang diharapkan. Sektor ini melaksanakan serbuan 5000 vaksin sinovac untuk masyarakat umum dan anak-anak usia 12 tahun ke atas selama empat hari. Mulai dari tanggal 20–24 September 2021 bertempat di Pitoby spot center Sikumana.

“Kami mau melakukan vaksinasi di Kota Kupang karena kasus covid di NTT per 14 September tercatat 61.617 kasus. Walaupun kota Kupang sudah turun level 3 tentu kita tetap mematuhi protokol kesehatan seperti jaga jarak, memakai masker cuci tangan“kata Kaper BI NTT, I Nyoman Ariawan Atmaja, Kamis (16/9).

Menurutnya, upaya memulihkan ekonomi ada lima hal yang harus di lakukan, pembukaan dan percepatan sektor produktif seperti pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan, yang resikonya rendah. Kemudian, mendorong pembiayaan melalui Pokja pembiayaan. Mendorong digitalisasi ekonomi dan keuangan melalui Qris teman-teman dari OJK juga teman-teman mendorong digitalisasi. Semuanya kita dorong terus bangun kebijakan antara fiskal, BI dan moneter. Kemudian dari mikroprudensial juga kita selalu signifikan sehingga mempercepat pemulihan termasuk memperpanjang kredit. Jadi kredit juga di longgarkan lagi sampai tahun 2023. Mendorong ekosistem digitalisasi melalui perbankan dan juga di hubungkan dengan fintech. Kalau vaksinasi itu kita tidak dorong akan lama dilihat dari jadwal, sekitar Maret 2022. Per 15 September 2021 di NTT vaksin tahap I baru mencapai 25,99 persen atau sebesar 995.781 orang dari target 3,8 juta. Jadi masih rendah sedangkan dosis II baru mencapai 13,21 persen atau 506.068 orang. Kalau kita lihat Bali dan DKI sudah hampir 100 persen dosis I malahan DKI lebih dari 100 persen. Itu yang kita dorong makanya kita mendorong melalui kerja sama mengajak pemerintah provinsi dan REI NTT untuk mempercepat vaksinasi di NTT. Dan kita sudah mulai pada tanggal 15 Januari yang lalu tahun 2021 sampai dengan 14 September. Sebanyak 958 ribu orang yang menerima vaksin I dan sebanyak 500. 035 orang menerima dosis II, “ujarnya.

Ia mengharapkan agar masyarakat terus mendorong vaksinasi ini sampai 75 persen dari target 3,8 juta.

“Bisa mempercepat itu akan lebih baik lagi jangan di 2022 bulan Maret”, imbuhnya.

Ia kembali berpesan apa bila proses vaksinasi massal ini bisa dipercepat maka akan mempercepat pemulihan dari covid-19 di Kupang dan Maumere.

“Harapan saya tolong ini didukung oleh semua lapisan masyarakat terutama adalah sentra-sentra ekonomi, aktivitas ekonomi kita pulih UMKM, nasabah. Pasar dan pertokoan sehingga ekonomi kita bisa berjalan dengan baik.

Ketua REI NTT, Bobby Pitoby mengatakan, target yang ditentukan harus dicapai.

“Kalau tidak mencapai herd imunity maka semua saat semua masih ditutup kita tidak bisa buat apa-apa. Tidak bisa melakukan aktivitas dan lain-lain. Oleh sebab itu inisiatif dari OJK, BI dan juga didukung oleh pemerintah ini luar biasa agar kita bisa kembali normal. Ya new normal lah bukan kembali seperti sebelumnya tapi new normal secepatnya. Oleh sebab itu kita dari REI NTT mengambil kesempatan ini berkoordinasi dengan OJK dan BI untuk mempercepat vaksinasi”, katanya.

Menurutnya, mereka mempercepat vaksinasi dengan langkah berkoordinasi dengan OJK yakni OJK punya vaksin mereka minta dari OJK untuk menyebar luaskan di NTT. Teknis pelaksanaannya dari mereka sendiri.

“Kita bekerja sama dengan berbagai unsur jikalau bapa ibu lihat dari TNI Polri mendukung kita sepenuhnya. Jadi dari dinas kesehatan kita mendapatkan dukungan. dari dinas kesehatan berupa nakes, vaksin dan lain-lain dan juga dari TNI. Bukan hanya TNI AD tapi ada juga TNI AU dan TNI AL dan tenaga kesehatan TNI itu semua mendukung kita. Dan juga dari Polri yaitu dari Polda NTT akan mengutus anggota untuk keamanan dan lain-lain,”ujarnya.

Bobby juga menjelaskan ada 36 anggota yang akan menjaga proses vaksinasi ini kita di dukung penuh oleh Dinas Kesehatan NTT dalam hal nakes dan lain-lain.
“Target kita 12 ribu dosis untuk suntik pertama 12 ribu dosis. Itu kita bagi 7000 di Kabupaten Sikka dan sudah terlaksana dalam waktu empat hari. Sekarang kita akan melaksanakan 5000 dosis di Kupang” ujarnya.

Ia kembali menuturkan dalam setiap tim nakes ada 15 orang anggota nakes yg tergabung dalam 2 tim setiap hari sehingga dalam pelaksanaanya tidak membutuhkan waktu lama.

“Ada dua tim nakes setiap harinya yang berbeda satu tim nakes ada 15 orang penyerapannya cepat, suntikannya juga cepat dan aman. Jenis vaksin yang akan kita berikan adalah vaksin sinovac sehingga aman untuk anak-anak di usia 12 tahun ke atas. Oleh sebab itu tolong disebar luaskan kepada anak-anak para pedagang di pasar dan lain-lain. Yang belum mempunyai KTP atau Nik sudah diperbolehkan oleh kemenkes. Ada surat edarannya dari Kemenkes bisa mendapatkan vaksin untuk itu bisa kesana dan kita akomodir. Caranya penulisan manual dan datanya akan kita laporkan ke dukcapil, “tegasnya.

Menurut Bobby Liyanto dalam pelaksanaan vaksin kali ini tidak menimbulkan kerumunan.

“Teknis pelaksanaannya kita targetkan satu hari 1000 dosis. Jikalau bapa ibu mendaftar link itu langsung keluar pendaftaran anda selesai nomor daftar berapa. nomor antriannya berapa, suntikannya hari apa jam berapa itu langsung keluar secara otomatis. Jadi sudah terprogram berdasarkan nomor urut dari pendaftaran jadi tidak akan terjadi kerumunan”, tutup bobby.

  • Bagikan