Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Wabup Kupang  Resmikan Kampung Bahari Nusantara

Bunyikan Sirene tanda pengresmian Kampung Bahari Nusantara di desa Tablolong, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur kamis (26/8/21)

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Wakil Bupati Kupang  Jerry Manafe meresmikan Kampung Bahari Nusantara di Desa Tablolong  Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang Kamis, (26/8/2021).

 

Wabup Jerry dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan memberi apresiasi kepada TNI Angkatan Laut  khususnya Komandan dan jajaran pangkalan Angkatan Laut VII yang telah menginisiasi terbentuknya Kampung Bahari Nusantara. “Hal ini merupakan bukti nyata akan hadirnya sinergitas yang kokoh antara TNI dan masyarakat dalam upaya peningkatan di bidang pendidikan, kesehatan, pariwisata, ekonomi dan pertahanan”, kata Jerry.

 

Manafe menjelaskan, keberadaan masyarakat yang cerdas dan berjiwa sehat mampu memanfaatkan sumber daya dan potensi daerah yang dimiliki. Ini penting demi kesejahteraan masyarakat yang bermuara pada kesadaran keamanan dan ketertiban sebagai aset Pertahanan Nasional.

 

Lebih lanjut, Wabup Jerry mengatakan,  5 klaster utama dalam program Kampung Bahari Nusantara yakni klaster ekonomi berfokus pada pembinaan UMKM. Klaster edukasi melalui pembentukan Rumah Pintar, klaster kesehatan dalam bentuk penyuluhan dan sosialisasi budaya hidup sehat. Klaster pariwisata yang bertujuan untuk menciptakan desa sebagai destinasi wisata bahari yang mendapat dukungan dari Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kupang.

 

“Perangkat Daerah yang bersentuhan langsung dengan kegiatan di Kampung Bahari Nusantara, saya titipkan dukungan Pemkab Kupang dalam mensukseskan kegiatan ini”, tegas Jerry Manafe.

 

Manafe juga berpesan kepada Camat Kupang Barat dan Kades Tablolong agar menunjukkan kebanggaan serta berperan penting ketika desa Tablolong dipilih sebagai Pilot Project Kampung Bahari Nusantara. Tentu saja dengan mendorong antusiasme masyarakat untuk terlibat aktif mendukung kesuksesan kegiatan ini.

 

“Jadilah tuan rumah yang ramah, bersahaja dan terbuka dengan inovasi dan cara kerja kolaboratif yang melibatkan lembaga luar Pemda. Dengan cara berpikir ini, kita terhindar dari keterbelakangan, maju dan sejajar dengan daerah lain di Prov. NTT maupun di Indonesia”, jelas Manafe.

 

Jerry Manafe berharap semoga dengan diresmikannya Kampung Bahari Nusantara  kita wujudkan Kabupaten Kupang yang maju, mandiri dan sejahtera.

 

Danlantamal VII Kupang  Laksamana Pertama (Laksma) TNI IG. Kompiang Aribawa menambahkan, Kampung Bahari Nusantara (KBN) merupakan salah satu perwujudan tugas TNI AL. “TNI AL dituntut harus mampu berkontribusi positif dan aktif membantu Pemda dalam percepatan pembangunan. Juga menjaga ketahanan pangan, meningkatkan kesejahteraan rakyat dan perekonomian daerah serta memantapkan kemanunggalan TNI AL dengan masyarakat.  “Untuk kepentingan pertahanan negara sehingga diharapkan terciptanya masyarakat maritim yang indah dan mau melestarikan laut  di daerahnya”, ujar dia.

 

“Saya berharap, program yang telah dilaksanakan ini terus berlanjut dengan dukungan dan kontribusi positif dari semua pihak terkait. Sehingga tujuan dari pembangunan KBN dapat terlaksana sesuai dengan rencana dan menjadi role of mode pembangunan KBN”, jelasnya.

 

Kades Tablolong Zet Nggadas mengucapkan selamat datang dalam peresmian Kampung  Bahari Nusantara yang dipercayakan ada di desa Tablolong.

 

“Sebagai salah satu desa bahari binaan TNI Angkatan Laut, kami merasa ada perhatian besar bagi desa Tablolong dengan peresmian KBN. Ini bukan hanya merubah profil kami secara berkesinambungan melainkan memotivasi masyarakat di bidang pariwisata, dan lainnya. Adapun sampah di desa ini dan sarana transportasi kiranya tidak menjadi penghambat dalam kemajuan desa Tablolong . Kiranya dukungan dari para pihak bisa membantu perkembangan desa bahari ini”, ujar Kades Set Nggadas.

 

Turut hadir, Ketua Tim Pengawas & Evaluasi dari Mabes TNI AL Jakarta Kol. Marinir Haryadi bersama Tim.  Kepala Kantor Perwakilan BI NTT, para Forkopimda Kabupaten Kupang, Pimpinan OPD terkait dari Prov. NTT dan Kab. Kupang. Camat Kupang Barat Yusak Ullin,Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan serta masyarakat desa Tablolong. (rilis)

  • Bagikan