Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Salut !! TNI “Hantar” Sumber Air ke Depan Pintu Masyarakat Oefafi

Pengguntingan pita pengresmian Pompa Hydran di desa Oefafi oleh Camat Kupang Timur Deny mateos Tadoe Rabu (25/8)

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Sumber Adir sudah di depan pintu masyarakat desa Oefafi, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang setelah pengresmian Pompa Hydran bantuan Pangdam IX/Udayana.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak memberikan bantuan Pompa hidran melalui Kodim-Kodim Jajaran. Diantaranya  Kodim 1604/Kupang untuk pemasangan pompa hidran untuk memudahkan masyarakat memperoleh air bersih dari lokasi  yang cukup jauh dan curam.

 

Pengresmian  sarana air bersih itu dilakukan Kodim 1604/Kupang bersama Camat Kupang Timur Deny Mateos Tadoe, Rabu (25/8/2021).

“ akhir-akhir ini kita menghadapi dua bencana yang sangat dahsyat yaitu bencana alam seroja dan Covid-19. Namun itu semua bukan merupakan suatu tantangan yang membuat kita patah semangat. Pada hari yang berbahagia ini kita sama sama menyaksikan peresmian pompa Hidran bantuan Panglima Kodam IX/Udayana. Saya atas nama pemerintah Kabupaten Kupang mengucapkan selamat kepada kita semua secara khusus masyarakat Desa Oefafi sebagai Penerima Pompa Hidran. Manfaatkan pompa Hidran Bantuan Pangdam IX/Udayana dengan baik sehingga dapat meningkatkan sumber ekonomi masyarakat Desa Oefafi”, ujar Deny.

Mulai dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan hingga selesainya proses pengerjaan pompa hidran ini merupakan bukti nyata partisipasi TNI membangun masyarakat. Masyarakat Desa Oefafi termasuk di dalamnya sebagai daerah yang kesulitan air bersih.

 

“Kita harus memberikan apresiasi setinggi tingginya kepada TNI khususnya Bapak Panglima Kodam IX/Udayana, walaupun jauh hati, pikiran, tenaga untuk kita. Kami bersama masyarakat berjanji akan memelihara pompa ini dengan tanggung jawab. Saya mengajak masyarakat dengan hadirnya air bersih ini bisa menghijaukan pekarangan rumah dengan bercocok tanam sayuran hidroponik.

 

Pjs. Pasi Intel Kodim 1604/Kupang Kapten Inf. Nerson Baitanu mewakili Komandan Kodim 1604/Kupang dalam sambutannya mengatakan bersyukur kepada Tuhan. “Karena apa yang menjadi impian masyarakat Desa Oefafi saat ini sudah ada di hadapan kita. Bediri satu Reservoir yang cukup besar dengan ukuran 4×6 meter serta tinggi 2,60 meter. Proses pengerjaannya kita sudah selesaikan dan ini semua merupakan program dari Pangdam IX/Udayana”, kata Kapten Baitanu.

 

Sistem kerja dari pompa hidran ini tanpa menggunakan tenaga listrik, tenaga matahari maupun tenaga manusia, cukup dengan menggunakan tenaga air. “Pembuatan pompa hidran bukan hanya di Desa Oefafi. Ada di beberapa tempat di wilayah Kabupaten Kupang, dimana terdapat lokasi air, namun jarak dan medan yang jauh sulit dimanfaatkan. Melalui Babinsa mengecek dan melaporkan kepada pimpinan untuk di pasangkan pompa hidran”, jelasnya.

 

Dalam proses pengerjaan pompa Hidran melibatkan masyarakat sehingga  mereka merasa ikut memiliki dan memelihara pompa tersebut.

 

Meliaki Nome, Tokoh Masyarakat menyampaikan, pertemuan bersama di Desa Oefafi bukan secara kebetulan tetapi berawal dari satu peristiwa yang tidak disangka. “Bahwa di tempat ini akan dibangun sebuah pompa Hidran lengkap dengan bak Reservoir. Kami tidak dapat melukiskan rasa terima kasih kepada TNI yang sudah berupaya untuk menghadirkan dan menjawab rasa kerinduan hati kami. Jujur kami sampaikan bahwa awalnya kami tidak percaya. Mana mungkin air yang ada di bawa gunung bisa naik ke ketinggian, tanpa menggunakan tenaga listrik. Ini merupakan satu hal yang baru dan luar biasa, dan diluar nalar dan pemikiran kami sebagai masyarakat biasa”, ungkapnya.

 

Melengkapi kebahagiaan masyarakat Oefafi, Danramil 1604-02/Camplong Lettu Arh. Satria Jaya Bersama Babinsa membagikan beras bantuan dari Pangdam kepada 53 KK.

 

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kapolsek Kupang Timur Iptu. Viktor Hary Saputra, Pendeta Jemaat Imanuel Oefafi, Wakapolsek Ipda. Josteve. Perangkat Desa Oefafi, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda serta masyarakat Desa Oefafi. (rilis)

  • Bagikan