Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Walikota:”Pandemi Memacu Kita, Terobos Ketidakmungkinan”

Walikota Kupang Dr. Jefri pimpin upacara HUTRI ke-76 2021

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Pemerintah Kota Kupang berkomitmen mewujudkan lebih banyak lagi capaian program pro rakyat. Komitmen tersebut disampaikan Walikota Kupang, Dr. Jefirstson Riwu Kore, dalam upacara HUT Republik Indonesia ke-76 tingkat Kota Kupang, Selasa (17/8).

Walikota menegaskan, walaupun saat ini pemerintah berkonsentrasi PADA program kesehatan, tetapi perhatian terhadap agenda-agenda pembangunan lain tetap diupayakan.

“Pandemi covid-19 telah memacu kita untuk terus berubah, mengembangkan cara-cara baru, meninggalkan kebiasaan lama yang tidak relevan, dan menerobos ketidakmungkinan,” ungkapnya.

Diakuinya selama satu setengah tahun diterpa pandemi, telah terjadi penguatan yang signifikan dalam perilaku dan infrastruktur kesehatan sekaligus penguatan kelembagaan. Kelembagaan pemerintahan lintas sektor dan lintas lembaga, serta antara pusat dan daerah juga mengalami konsolidasi.

Jefri optimis melalui kolaborasi dengan masyarakat dan semua pihak, upaya mewujudkan Kota Kupang layak huni, cerdas, mandiri, sejahtera, bisa terwujud.

Pada kesempatan yang sama, Walikota juga memaparkan sejumlah capaian program pro rakyat yang sudah dilaksanakan Pemerintah Kota Kupang. Diantaranya peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan warga Kota Kupang dan penyediaan social safety net serta penanganan dampak ekonomi.

Menurutnya pemkot sudah menerapkan sejumlah program pro rakyat dalam rangka peningkatan perekonomian, akses pelayanan perizinan dan penciptaan lapangan kerja serta peningkatan kualitas infrastruktur yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Melalui peningkatan kapasitas jalan, pembangunan pedestrian, pembangunan perumahan rakyat dan ruang terbuka hijau”, kata dia.

Untuk mewujudkan Kota Kupang yang layak huni dan nyaman Pemkot Kupang juga memiliki program bedah rumah, bagi masyarakat kurang mampu. Sejak tahun 2020 lalu hingga saat ini Pemerintah telah membedah 104 rumah warga. Program ini mendapat apresiasi cukup tinggi dari masyarakat sehingga pemerintah berencana akan melanjutkannya hingga akhir tahun 2021.

Walikota mengakui masih banyak pekerjaan yang menanti di depan. Untuk itu, pemerintah mengharapkan dukungan semua melalui masukan serta partisipasi agar pembangunan dapat terwujud sesuai yang dicita-citakan bersama.

Mengutip pesan Presiden Jokowi, Wali Kota berpesan;
“Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh, hanya bisa dicapai jika kita semua bahu-membahu. Kita harus tangguh dalam menghadapi pandemi dan berbagai ujian terus tumbuh dalam menggapai cita-cita bangsa.” (PKP_ans)

  • Bagikan