Masalah Kesehatan Tak Luput Dari Perhatian Satgas TMMD ke-111

  • Bagikan
Ketua Persit KCK Cabang XV Kodim 1604/Kupang Ny. Dita wasthu prasida memberikan edukasi pola hidup baru kepada peserta Jumat (9/7)

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Salut bagi tim Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -111 tahun 2021 khususnya di wilayah Amarasi aselatan, kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

 

Upaya pencegahan stunting pada anak dan cara mencuci tangan dengan benar untuk mencegah penyebaran Covid-19 jadi fokus utama dalam sosialisasi di Aula Kantor Desa Nekmese yang di inisiasi Satgas TMMD ke-111 menghadirkan bidan Marselina Serly Kolin, A.Md.Keb dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang dan Ketua Persit KCK Cabang XV Dim 1604/Kupang Ny. Dita wasthu prasida sebagai pemateri. Jumat (09/07/2021).

 

Di depan para ibu rumah tangga, bidan Marselina Serly Kolin, A.Md.Keb menjelaskan, stunting adalah kondisi yang ditandai ketika panjang atau tinggi badan anak kurang jika dibandingkan dengan umurnya atau lebih sederhananya, stunting adalah kondisi di mana anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan tubuhnya lebih pendek ketimbang teman-teman seusianya.

 

“Banyak yang tidak tahu kalau anak pendek adalah tanda dari adanya masalah gizi kronis pada pertumbuhan tubuh si kecil. Terlebih lagi, jika kondisi ini dialami oleh anak yang masih di bawah usia dua tahun dan harus segera ditangani dengan segera dan tepat,” kata bidan Marselina.

 

Pada kesempatan yang sama, Ketua
Persit KCK Cabang XV Kodim 1604/Kupang Ny. Dita wasthu prasida memberikan edukasi pola hidup baru dalam situasi pandemi Covid-19 salah satu cara dengan mencuci tangan yang benar.

Pes3rta sosialisasi stunting dan cara mencuci tangan dengan benar Jumat (9/7) di Amarasi Selatan

Cuci tangan merupakan langkah mudah dan aman untuk melindungi diri dari virus corona COVID-19, tetapi tidak banyak yang tahu bagaimana cara mencuci tangan yang benar.

 

“Tata cara mencuci tangan yang direkomendasikan WHO yaitu pertama basahi tangan dengan air yang mengalir, tuang sabun pada tangan secukupnya, gosok telapak tangan yang satu ke telapak tangan lainnya kemudian gosok punggung tangan dan sela jari, gosok punggung jari ke telapak tangan dengan posisi jari saling bertautan, genggam dan basuh ibu jari dengan posisi memutar, gosok bagian ujung jari ke telapak tangan agar bagian kuku terkena sabun lalu
gosok tangan yang bersabun dengan air mengalir kemudian keringkan tangan dengan lap sekali pakai”, terangnya.

 

Sosialisasi tersebut dihadiri sejumlah ibu rumah tangga di desa Nekmese dan Pengurus Persit Kodim 1604/Kupang. (Rilis)

  • Bagikan