Ketua TP PKK Kabupaten Kupang Lantik Ketua TP-PKK Kecamatan, Ini Arahan Wakil Bupati Kupang

  • Bagikan
Wabup Kupang bersama Ketua TP PKK Kabupaten dan para ketua TP PKK Kecamatan sekabupaten Kupang usai dilantik Jumat (2/7/21)

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe sekaligus Pembina Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kupang, memberi arahan dalam acara pelantikan Ketua TP PKK kecamatan se-kabupaten Kupang, setelah  dilantik Ketua TP PKK Kabupaten Kupang Ny. Damaris Masneno-Mooy,  Jumad 2 Juli 2021, di kantor Bupati Kupang, idampingi Waket I, Ny. Lely Manafe-Menny dan Waket II, Ny. Rutchek Laha-Dethan.

 

Wabup Kupang Jerry Manafe mengucapkan selamat dan sukses kepada ketua TP PKK kecamatan, yang secara resmi diberikan kepercayaan dan tanggungjawab sebagai mitra pemerintah dalam menyelenggarakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, di tingkat kecamatan se-kabupaten kupang.

“Peran keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat, mutlak untuk dilakukan pemberdayaan sehingga diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga”, kata Jerry.

 

Dia melanjutkan, Pemerintah saat ini sangat membutuhkan adanya sinergitas antara program kerja yang dilaksanakan PKK terdiri atas 10 program dengan program pembangunan yang dilakukan Pemerintah Daerah.

“Satu diantaranya yang saat ini menjadi fokus pemerintah dalam bidang kesehatan yakni penanganan covid 19, penanggulangan stunting maupun demam berdarah. Buktikan, bahwa kehadiran PKK dapat memberikan jawaban atas kebutuhan bahkan permasalahan yang dihadapi dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga”, tegasnya.

 

Jerry Manafe juga memberi gambaran kepada PKK kecamatan, untuk cermat melihat peluang, sebagai contoh, misalkan di kecamatan ada proyek-proyek pembangunan, TP PKK kecamatan harus kreativ, berinovasi dan bekerjasama manfaatkan peluang tersebut.

 

“Dengan berjualan kuliner baik itu makanan berat atau ringan di sekitar lokasi proyek, sehingga ada pemasukan. Pembeli sudah ada. Tinggal bagaimana kita menggugah pembeli untuk minat terhadap produk jualan kita. Ini adalah salah satu contoh yang didorong  untuk menunjang kreatifitas TP PKK”, ujarnya.

 

Dia mengingatkan, TP PKK terus menjalin koordinasi dengan pihak-pihak terkait, pegang teguh, amalkan dan jadikan nyata 10 program pokok PKK demi mewujudkan kabupaten Kupang yang maju, mandiri dan sejahtera.

 

Sebagai informasi, 10 program yang dikelola TP PKK diantaranya penghayatan dan pengamalan pancasila, gotong royong, pendidikan dan keterampilan, pengembangan kehidupan berkoperasi, sandang, pangan, perumahan rakyat dan tata laksana rumah tangga, kesehatan, kelestarian lingkungan hidup.

 

Acara ini dilanjutkan dengan Pengukuhan Bunda Paud Kecamatan se-Kabupaten Kupang oleh Bunda Paud Kabupaten Kupang, Ny. Damaris Masneno-Mooy, disaksikan oleh Bupati Kupang Korinus Masneno.

 

Korinus Masneno dalam arahannya mengucapkan selamat atas terbentuknya Bunda Paud di setiap Kecamatan demi kepentingan membangun Kabupaten Kupang.

“Bunda-bunda yang dikukuhkan saat ini, saya minta untuk menolong, mendampingi camat-camatnya dalam membantu Bupati dalam menjalankan tugas di kecamatan. Para istri camat, bantulah suami dalam berkarya. Sebab dibalik kesuksesan suami, ada istri yang selalu setia menopang dan membantunya. Dukungan moril dan motivasi senantiasa meningkatkan kinerja dan keberhasilan tugas suami, perlunya bangun kerjasama”, jelasnya.

Selain itu Bunda Paud diminta Bupati Kupang untuk fokus perhatikan pendidikan anak usia dini. Ajak masyarakatnya untuk sadar terhadap pertumbuhan kecerdasan dan karakter anak melalui pendidikan PAUD.

 

Ketua Panitia pengukuhan Bunda Paud Kecamatan, Ny. Lely Manafe-Meny mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan sumber daya manusia terutama meningkatkan mutu pendidikan mulai dari anak usia dini yang merupakan usia emas yang pertumbuhan dan perkembangannya perlu diperhatikan orangtua, pemerintah dan masyarakat agar tumbuh dengan sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia demi masa depan yang cemerlang.

Hadir pada kedua acara tersebut para camat sekabupaten Kupang. (Rilis/Mercy)

 

  • Bagikan