Jhoni Plate:“Bekerjalah Dengan Luar Biasa, Seperti Kata Pak Gubernur”,

0 89

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Mentri Komunikasi dan Informatika RI Jhoni Plate melakukan pertemuan dengan Bupati Kupang Korinus Masneno dan jajarannya di Hotel Aston Kupang,  Senin (28/6/21), dalam rangka kunjungan kerja terkait rapat koordinasi percepatan pembangunan BTS (base transceiver station) dan program literasi digital di provinsi NTT.

 

Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate menyampaikan, layanan telekomunikasi yang handal perlu didukung oleh sarana teknologi yang memadai. Pemerintah pusat akan terus menggandeng pemerintah daerah untuk bekerjasama sukseskan pembangunan BTS 4G untuk mempercepat transformasi digital nasional. Spesifiknya, bertransformasi dari aktifitas ruang fisik ke transformasi digital. Yang pasti di akselerasi arena baru, untuk capai loncatan yang jauh ke depan atau lompatan raksasa. Lompatan raksasa seperti yang selalu di genjot Gubernur NTT Victor B. Laiskodat,  bahwa kita harus melangkah maju ke depan dengan melakukan terobosan-terobosan lompatan raksasa agar tak ketinggalan jauh dengan daerah-daerah maju.

 

“Bekerja jangan biasa saja. Bekerjalah dengan luar biasa, seperti kata pak Gubernur”, ucap dia.

 

Menteri Johnny Plate melanjutkan, keberpihakan Menteri kepada wilayah ini dan keikutsertaan di ruang digital akan menghantarkan kita ke harapan dan masa depan yang baik. Semata-mata demi peningkatan talenta dan sumber daya manusia. Talenta yang dimaksudkan Menteri Kominfo RI ini ialah talenta digital, dengan berfokus pada prioritas program : pemahaman digital, etika digital, masyarakat digital dan budaya kultur.

 

“Sebaga contoh UMKM atau kegiatan-kegiatan ekonomi dihubungkan lewat marketplace yang jangkauannya dunia. Model aplikasi yang bisa menjawab segala kebutuhan. Untuk itu harap Menteri ini dibutuhkan kecakapan digital atau kurikulum yang berkaitan dengan digital. NTT harus jadi model termasuk capaiannya”, jelasnya.

Menteri Johnny Plate mengajak para Kepala Daerah untuk bergerak dalam ruang digital.

 

Sesuai laporan kemajuan proyek BTS 4G Daerah 3T di NTT, satu diantaranya Kabupaten Kupang, dilaporkan garis besar kemajuan proyek :

  1. 24 lokasi BTS 4G di Desa yang tersebar di 9 kecamatan yaitu Amfoang Barat Daya, Amfoang Barat Laut, Amfoang Selatan, Amfoang Tengah, Amfoang Utara, Fatuleu Barat, Semau, Sulamu dan Takari.
  2. Tahapan survey telah dilakukan secara keseluruhan
  3. Keseluruhan lokasi desa belum terlayani oleh BTS eksisting Opsel
  4. Percepatan pra DRM (Digital Radio Mondiale) dan akuisisi lahan utk pembangunan BTS
  5. BTS 4G akan on air pada periode oktober 2021.

 

Bupati Kupang Korinus Masneno bersama para Kepala Daerah lainnya di NTT,  menandatangani surat dukungan Bupati serta menerima mock up BTS oleh Menteri Kominfo RI, Johnny Plate. (rilis)