Hama Wereng Serang Padi, Petani Bello Rugi Puluhan Juta

0 282

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM — Sebagian besar padi sawah di Kelurahan Bello Kecamatan Maulafa Kota Kupang diserang hama wereng. Hal ini diketahui dari bulir padi yang terkihat coklat lalu kuning dan mengering tanpa isi. Akibat serangan hama ini petani merugi puluhan juta rupiah.

Yusak Tuan petani sawah di RT 08/RW 04 Kelurahan Bello Senin siang tanggal 14 Juni 2021  mengatakan, baru tahun ini warga alami serangan hama wereng dan untuk mengantisipasinya terpaksa petani melakukan panen lebih awal.

“Hasil panen dengan hama ini menjadi menurun karena panen lebih awal dari seharusnya,” kata Yusak Tuan.

 

Menurut dia, panen lebih awal juga dimaksudkan untuk mencegah hama tidak menyerang padi di tempat lain.  Hal yang sama dikatakan Melkias Manus Salah seorang petani penggarap sawah di RT 08/RW04 Kelurahan Bello Selasa, tanggal 15 Juni 2021. Melkias  mengatakan, hampir 116 hektare sawah di lingkungan RW 03 dan 04 kelurahan Bello semuanya terserang hama wereng. Dan untuk memgantisipasi kemungkinan hama menular ke semua, terpaksa pemilik sawah panen lebih awal sebelum waktu, meski bulir padi belum menguning.

“Hampir semua sawah dan supaya tidak menular ke semua bagian sawah terpaksa kami panen lebih awal,” tandas Manus. (G)