Kunjungi NTT, Ini Yang Ditegaskan Mendagri

  • Bagikan

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Mentri Dalam Negri Republik Indonesia Muhamad Tito Karnavian dalam kunjungannya ke Kupang mengatakan, Belanja Pemerintah Menjadi Stimulus Penggerak Ekonomi Masyarakat.

 

Hal ini dikatakannya saat memberi arahan pada Pertemuan dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur dan Jajarannya bersama Walikota Kupang dan Para Bupati se- Nusa Tenggara Timur, dalam rangka Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2021, dan Penanganan Pandemi Covid-19, serta Penyerahan Bantuan Masker kepada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis, (3/6/21) di Aula Utama El Tari Kupang.

 

Hadir mendampingi Mendagri dalam pertemuan tersebut masing-masing : Ny. Try Tito Karnavian selaku Ketua Umum TP. PKK/Ketua Harian Dekranas, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Mohamad Adrian, Kepala Puspen Kemendagri, Benni Irwan dan Karo Administrasi Pimpinan Kemendagri, Andi Ony.

 

Dalam arahannya, Mendagri M. Tito Karnavian mengingatkan, menjelang akhir Triwun II Tahun 2021, komitmen untuk tetap bekerja keras dan bersinergi dengan pemerintah pusat sangatlah dibutuhkan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi nasional sampai 7% di akhir 2021 nanti.

 

Mendagri juga menegaskan untuk tetap taat terhadap penerapan protokol kesehatan demi menghindari ledakan kasus yang luar biasa, seperti yang telah terjadi di India dan negara-negara lainnya di dunia. Perlu keseriusan semua pihak agar Covid-19 ini, tidak berkepanjangan karena akan berdampak besar dan menyebabkan krisis ekonomi dan krisis sosial berkepanjangan. Disisi lain, Mendagri sangat memberi dukungan penuh kepada Pemerintah Provinsi NTT, yang telah menjadikan pariwisata sebagai primadona, haruslah tetap ditata dan dikelola dengan baik.

 

“Kita harus bekerja dengan inovasi, konsisten, tetap kompak sebagai penyelenggara negara bersama TNI dan Polri dan semua komponen masyarakat agar semua harapan untuk kesejahteraan masyarakat dapat terwujud. Belanja Pemerintah harus bisa digenjot di atas 30 persen sampai akhir Juni 2021.Dalam krisis pandemic seperti ini, agar target pandapatan dan belanja APBD per tiga bulan, 40 persen, pada triwulan III sudah mencapai kisaran 60-70 persen, sehingga di akhir dari 2021 telah mencapai 90 sampai dengan 100 persen”, tegas Mantan Kapolri berdarah Palembang tersebut.

 

Mendagri mengharapkan dukungan dan kerja keras dari PEMDA di NTT agar penyerapan anggaran dapt benar benar maksimal untuk bisa mendukung pencapaian pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 7 persen di akhir 2021 nanti.

 

Mendagri juga memberi apresiasi khusus kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai yang telah melakukan realisasi belanja APBD sampai menjelang akhir Triwulan II 2021 sebesar 27, 62 %.

 

Gubernur NTT, VBL dalam sekapur sirihnya menyampaikan selamat datang kepada Mendagri, M. Tito Karnavian beserta Ibu Try Tito Karnavian dan rombongan untuk kunjungannya kali ini di Flomaborata Tercinta, dimana NTT, yang dulu diplesetkan dengan Nasib Tidak Tentu, Nanti Tuhan Tolong, kini telah berubah menjadi Nikmat Tiada Tara karena NTT telah menjadi New Tourism Territory di Indonesia.

 

“Kami bersama Ketua DPRD Provinsi NTT, Walikota Kupang dan 21 Bupati se NTT dan Jajaran Pemerintah Daerah, menyampaikan terima kasih atas kunjungan dari Mendagri bersama Ibu Ketua Umum TP. PKK di Provinsi NTT. Sejak saya jadi Gubernur, prime mover ekonominya adalah sektor pariwisata. Dan cara menata pariwisata tentu saya perlu melatih baik pada staf saya di Kantor Gubernur maupun kepada walikota dan para bupati. Pariwisata bila dikerjakan dengan baik maka akan mempunyai lompatan-lompatan ekonomi yang eksperensial berkali-kali ganda. Untuk membangun NTT ke depan, untuk meraih kejayaan pariwisatanya, maka seluruh rantai pariwisata harus mampu disupplay oleh provinsi itu sendiri. Maka kita bisa menatap NTT semakin sejahtera”, jelas Politisi Nasdem tersebut.

 

Berkaitan dengan Penanganan Covid-19 di NTT, Gubernur VBL, menyampaikan bahwa Tugas Pemerintah adalah mangatur agar masyarakat itu tidak boleh sakit dan yang sakit harus bisa sembuh. Ini menjadi tanggung jawab pemerintah kepada masyarakat terkait kesehatan dan kesejahteraan.

 

Lebih jauh, Gubernur VBL mengatakan bahwa di NTT terjadi defisit, karena NTT adalah daerah yang infrasturkurnya sangat terbatas, apalagi kalau musim hujan maka daerah-daerah tertentu sangat teriosolir bagaikan di dalam penjara.

 

“Oleh sebab kitu perlu percepatan dan langkah-langkah inovasi dalam membangun NTT”, katanya.

 

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum TP. PKK/Ketua Harian Dekranas, Ny. Try Tito Karnavian menyerahkan secara simbolis bantuan 64 ribu pcs masker kepada Wakil Ketua TP. PKK Provinsi NTT/Ibu Maria Fransiska Djogo, Bantuan 2 ribu pcs masker kepada Wakil Ketua TP. PKK Kota Kupang/Ibu Elizabeth Man-Rengka, Bantuan Marie Gold sebanyak 2.520 pcs, Marie Susu 150 pcs, Susu Kaleng 32 kaleng, Milna Pemberi Makanan Tambahan sebanyak 260 box dan 2 ribu masker kepada Ketua TP. PKK/Ketua Dekranasda Kabupaten Rote Ndao, Leonard Haning, serta bantuan kepada 11 pengrajin tenun ikat di Kabupaten Rote Ndao, yang diterima oleh Bupati Rote Ndao, Ibu Paulina Haning-Bullu.

(SP BIRO AP NTT/ELLENA)

  • Bagikan