Keberadaan Forum PRB di Kabupaten Kupang Merupakan Tuntutan

0 159

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Bupati Kupang Korinus Masneno secara resmi mengukuhkan pengurus Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kabapaten Kupang masa bhakti 2021 – 2024 di Neo Hotel Jumat (28/5/21),  berdasarkan keputusan Musyawarah Daerah II Forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Kabupaten Kupang tahun 2021. Acara ini dihadiri pimpinan OPD Lingkup Pemkab Kupang, Ketua Forum PRB, pers, dan pimpinan LSM/NGO.

 

Bupati Kupang Korinus Masneno ketika itu menjelaskan, keberadaan forum PRB di Kabupaten Kupang merupakan suatu tuntutan kultur partisipatif masyarakat dalam suatu sistem pemerintahan demokratis.

 

“Eksisnya forum PRB di Kabupaten Kupang sesungguhnya menjadi bagian penting dari rangkaian strategi pembangunan daerah yang telah dimanifestasikan dalam RPJMD Kabupaten Kupang Tahun 2019-2024. Saya berharap forum ini mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap pencapaian target untuk mengurangi indeks resiko bencana di Kabupaten Kupang. Bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Perangkat daerah lainnya, forum PRB kabupaten Kupang mampu memberikan masukan-masukan strategis, hingga nantinya daerah kita mampu menjadi salah satu daerah tangguh bencana”, demikian ditegaskannya.

 

Atasnama Pemerintah Kabupaten Kupang, Bupati Kupang mengucapkan proficiat bagi ketua dan semua anggota forum PRB Kabupaten Kupang periode 2021-2024. Beliau mengajak pengurus secara kolaboratif dan inovatif bersama pemerintah mengupayakan yang terbaik buat masyarakat.

 

Kepada Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kupang, Bupati instruksikan untuk segera menyediakan tenaga-tenaga Administrator untuk mendukung kerja sekretariat forum ini. Karena forum ini akan dapat dukungan penuh dari pemkab kupang baik dari segi pembiayaan maupun personil. Dukungan nyatanya akan segera terealisasi  melalui penambahan anggaran pada kegiatan dan sub kegiatan di perubahan anggaran Tahun 2021 ini.

 

“Terima kasih juga kepada pimpinan formatur musda, sahabat dari siap siaga NTT dan CIS Timor, pimpinan LSM/NGO, pers, yang telah kerja tulus dalam tugas dan pelayanan, serta semua pihak dengan hati mulianya turut andil dan selalu hadir berbagi, dalam menangani dan menanggulangi bencana akibat badai siklon seroja”, ucapnya.

 

Diakhir arahannya Korinus Masneno berpesan belajarlah dalam setiap kondisi, yang diinginkan Sang Pencipta pada keberadaan semua pihak saat ini adalah menabur kasih sayang dan kebaikan.

 

“Tidak usah pikirkan situasi buruk yang telah berlalu, rubahlah paradigma kita, pikirkanlah apa yang perlu dikerjakan untuk selalu siap menerima dan melakukan hal baik dalam menanggulangi bencana. Selamat berkarya”, pungkasnya. (rilis)