Selamat Hari Pendidikan Nasional

0 93

Hari Pendidikan Nasional, atau disingkat HARDIKNAS, adalah hari Nasional yang bukan merupakan hari libur dimana yang sudah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk Memperingati hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara, yang merupakan Tokoh Pelopor Pendidikan di Indonesia dan Pendiri lembaga pendidikan Taman siswa, yang diperingati setiap Tanggal 2 Mei.

Ki Hadjar Dewantara berasal dari Yogyakarta yang meninggalkan begitu banyak warisan bagi Dunia pendidikan Nasional, salah satu yang terkenal adalah Semboyannya yang berbunyi,
“ing ngarsa sung tulodho, ing madya mbangun karsa tut Wuri Handayani” yang artinnya “Di depan (guru) harus memberikan contoh yang baik, di tengah-tengah (muridnya) harus menciptakan Ide dan prakarsa di belakang harus bisa memberikan dorongan dan arahan”

Guru merupakan sosok yang perlu diguguh dan ditiru, semua profesi yang diraih oleh seseorang berasal dari seorang guru, mau jadi Seseorang yang memiliki gelar tertinggipun semuanya berasal dari seorang guru. Dari seorang guru kita dapat belajar, dari seorang guru kita dapat sukses dan dari seorang guru kita dapat raih segala impian kita.

Sebuah pohon tidak dapat berdiri sendiri tanpa ada yang menanam.

Guru bagaikan sebuah pohon yang ketika tumbuh akan menghasilkan Ranting dan segala cabang-cabang yang tidak dapat dihitung.

Itula proses sebuah Pertumbuhan.
Begitupun dengan segala Perjuangan tidak dapat Tercapai tanpa seorang guru yang mengajari dan membimbing.

Seorang guru dapat menghasilkan Pemimpin yang kompeten dan cerdas dalam segala bidang, baik itu pemimpin di Sektor Pemerintahan dari pusat, provinsi, kabupaten, maupun kecamatan dan lain sebagainnya.

Menjadi seorang pemimpin itu bukanlah hal yang mudah, membutuhkan proses yang panjang.

Untuk itu para Kaum Milenial, ketahuilah, tanpa seorang guru saat ini kita tidak dapat berdiri kokoh dalam sebuah lembaga, Tanpa seorang guru kita bukan siapa-siapa.
Hay kaum Milenial yang katannya Pejuang Pemuda Indonesia, yang katannya Alat penggerak. Sudah sampai mana? Jangan Terlena dengan segala perubahan yang membawa kita ke jalan yang salah Tetapi cobalah untuk mengarahkan Pandangan dan kemampuan ke jalan yang Benar.

Kesuksesan seseorang ditopang oleh pendidikan, maka jangan sekali-kali menganggap remeh pendidikan.

Hi kaum milenial, jangan lupa berterimah kasih atas segala perjuangan dan pengorbanan seorang guru yang telah mendidik kita tanpa lelah.

Terimah kasih Bapak/Ibu Guru, Kalian adalah Pahlawan tanpa tanda jasa. Tanpa kalian kami bukan siapa-siapa, dan karena kalian kami dapat berproses dan belajar di bumi pertiwi ini dan berdiri kokoh hingga saat ini. Selamat Hari Pendidikan Nasional. (*)