Beratnya Berjualan Keliling Barang Klontong di Musim Covid-19

0 214

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Masa Pandemic Covif-19 yang menimpa seluruh belahan dunia dua tahun terakhir sebabkan usaha di semua bidang kehidupan masyarakat menjadi kendur.

 

Adalah Maklon Bilaut (38) salah satu penjual keliling barang klontong seperti peralatan dapur dan rumah tangga (Meja, kursi, lemari plastik, tikar dll).

Tak terasa waktu 27 Tahun telah dilewati banyak suka-duka selama menjalani bisnis keliling ini.

 

Masa Pandemic saat ini juga dirasakan para penjual keliling, jatuh bangun menjadi kisah yang sering dialaminya.
Dari desa ke desa dan kampung ke kampung ditelusirinya setiap hari.

 

Kepada media ini Sabtu, (27/3-2021) bapak dua anak itu mengatakan banyak kisah telah terlukis selama menjalani bisnis keliling ini.

 

“Banyak kisah telah saya lewati terutama kisah sedih soal modal yang selalu menjadi kendala, karena bisnis ini hanya dibutuhkan dalam waktu musiman sehingga membutuhkan banyak kesabaran”, ungkap Maklon yang sering disapa Mas Timor di Oelomin kemarin.

 

Lokasi jual yang sering didatangi jelas Maklon, yakni daratan Timor seperti Kabupaten Kupang, Kota Kupang, Kabupaten TTS dan sekitarnya.

 

Meskipun pemasukan pas-pasan akibat kondisi pandemik namun bagi Mas Timor kondisi ini sudah menjadi hal biasa yang mesti dijalani dengan sabar agar bisnisnya ini tetap eksis meskipun dengan kondisi yang ada.

“Sebelum Pandemic pemasukan bisa mencapai 3-6 juta rupiah/ bulan namun akibat pandemik hanya berkisar 2-4 juta rupiah/bulan”, jelas Bilaut.
Salah satu semangat hidupnya selama menjalani bisnis keliling ini kata Bilaut adalah mengerjakan apa yang disenangi dan disukai. (goe)