Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

APKASI “Sinergi Memajukan Negeri”

Wabup Kupang Jerry Manafe dan Staf Ahli APKASI Himmatul Hasannah bersama rombongan APKASI saat pertemuan di Civic center Kantor Bupati Kupang Selasa (9/3).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – APKASI “Sinergi membangun Bangsa” merupakan tema besar yang diusung Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia. Sejak awal hadirnya organisasi ini menyuarakan banyak hal kepada Pemerintah Pusat.

 

Salah satu persoalan yang mengemuka saat ini adalah Bidang Peningkatan Mutu Pendidikan dan Percepatan Penanganan Covid 19. Topik ini diangkat dalam pertemuan Rombongan APKASI dengan Pemerintah Kabupaten Kupang Selasa (9/3/21) di ruang Rapat Wakil Bupati Kupang.

 

Staf Ahli Himmatul Hasannah dalam sambutannya mengatakan “Asosiasi Pemerintah Kabupaten seluruh Indonesia mengucapkan terimakasih kepada Pemda Kab. Kupang yang diwakili oleh Wabup Jerry Manafe beserta Pimpinan OPD terkait yang sudah berkenan hadir pada kegiatan ini. Dimana, Bupati merupakan wakil dari masing-masing daerah yang tergabung dalam suatu organisasi besar yang disebut APKASI.

 

Hasannah menambahkan, audiensi ini sudah dilakukan bersama Gubernur NTT beserta ibu Julie Laiskodat dan mendapat respon luar biasa atas program terkait masyarakat NTT ke depannya.

 

“Karena NTT adalah salah satu priority wisata yang mungkin lebih bagus dari Bali ke depannya sehingga harus dipersiapkan terkait dengan bahasa Inggris yang merupakan bahasa Internasional”, kata Hassanah.

 

Sejak tahun 2015 APKASI telah mengunjungi 250 Kabupaten yang ada di Indonesia dengan beberapa tujuan yaitu mengoptimalkan kerja kedirektoratan APKASI dengan melakukan kunjungan seperti saat ini. Kedua, menciptakan kerjasama antar anggota dalam mengingatkan kinerja dan program pembangunan pemerintahan. Ketiga, APKASI mendorong percepatan pembangunan infrastruktur dasar dan peningkatan kualitas SDM khususnya bagi ASN Guru di daerah.

 

Hasannah juga menjelaskan ada beberapa masalah yang ditemui seperti kekurangan Guru ASN dan kebanyakan dibantu oleh Guru Honorer, pembangunan infrastruktur, penguatan pendidikan karakter serta kesehatan saat ini sejak pandemi Covid 19.

 

Ada beberapa masukan dari teman-teman di Dinkes dan muncul rekomendasi agar Asosiasi Dinkes seluruh Indonesia bisa melakukan MoU dengan APKASI untuk advokasi terkait kebijakan publik dibidang kesehatan. Dari sebuah problem itu, kami melakukan APKASI Medistrial Forum yang dihadiri oleh 70an Bupati”, ujarnya.

 

Himmatul Hasannah menegaskan jika ingin kualitas pendidikannya naik, bukan hanya kompetensi Guru yang ditingkatkan melainkan kesejahteraan Guru juga harus diperhatikan. Cara mengajarnya harus diperbaiki agar tidak monoton.

 

“Karena itulah APKASI hadir dengan program-program yang membuat para Guru memiliki inovasi dan kreativitas”, ungkapnya.

 

Wabup Kupang Jerry Manafe mengucapkan terimakasih walaupun dengan waktu yang singkat tapi cukup bermakna.

 

Dia berharap agar Pemda bisa bekerjasama dengan APKASI dalam workshop nanti.

 

“Karena Kabupaten Kupang pada masa pandemi Covid 19 banyak sekali refocusing dan pemotongan-pemotongan baik itu belanja langsung atau tdk langsung”, ujarnya.

 

Akhir kata, Jerry mengatakan pertemuan saat ini cukup menyenangkan dan berkesan.

 

“Saya berharap agar dinas terkait yang sudah mendapat ilmu dari APKASI bisa digunakan dan dipelajari dengan sebaik-baiknya”, pungkasnya.

Hadir pada kesempatan itu Sekda Obet Laha dan Pimpinan OPD. (Rilis)

  • Bagikan