Kuliah Daring, Solusi Bijak IAKN Kupang Hadapi Covid-19  

0 66

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) benar-benar buta. Tak mengenal siapa dan apa yang ada di hadapannya. Kehadirannya memporak-porandanya semua lini kehidupan umat manusia sejagad. Lantas ? Apakah manusia harus mengalah ? Tidak. Manusia harus menggunakan akalnya agar aktivitasnya tetap berjalan. Institut Agama Kristen Negri (IAKN) Kupang Tak mau ketinggalan.

 

 

Rektor IAKN Harun Natonis dalam live report dengan Radio Tirilolok Senin (8/2/21) mengatakan, di era Covid-19 ini pihaknya mau tidak mau harus tetap melakukan kuliah namun bukan kuliah tatap muka tetapi kuliah secara dalam jaringan (Daring).

 

 

“Kita berupaya paling tidak mengurangi dampak dari Covid-19 apalagi kan Mahasiwa dan dosen itu selalu kumpul jadi kita upaya untuk menghindarkan diri dari Covid-19 ini. Yang kedua, di samping daring kita lebih banyak pada penugasan-penugasan”, tuturnya.

 

 

Menurut dia, seluruh proses kuliah berjalan baik dari Program S1 – S3. Ditanya apa saja kendala Harun mengatakan, kendala yang dihadapi adalah masalah jaringan karena pihak Kampus belum terlalu siap karena Covid- 19 datang tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

 

 

“Kita di kampus baru jadi baru pemasangan jaringan wi-fi yang saya kira kapasitasnya belum terlalu luar biasa dan karena itu masing-masing dosen manfatkan paketnya. Jadi pegeluaran dan ongkos untuk mahasiswa dan dosen cukup besar”, urainya.

Mengenai bantuan pulsa dari Pemerintah untuk kuliah daring ia mengatakan, sejak tahun lalu ada bantuan dari pihak Kemenag namun ia belum mengetahui persis karena pulsa dikirim langsung ke nomor Phoncell.

 

 

“Sejak tahun lalu sebenarnya ada permintaan data mahasiswa dan dosen oleh Kemenag untuk dibantu pulsa dan seterusnya, saya belum cek karena itu kan masuk ke Nomor HP masing-masing mahasiswa dan dosen. Maaf saya belum cek”, jelasnya.

 

 

Disinggung tentang Penerimaan Mahasiswa pada tahun ajaran baru nanti ia mengatakan seluruhnya tetapi dilakukan secara online.

Saat ini jumlah mahasiswa IAKN sebanyak 6.400 lebih sedangkan dosen dan pegawai sebanyak 326 orang. (Sintus)