TNI “Perang” Lawan Covid-19, DBD dan Malaria

0 89

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Tentara Nasional Ibdonesia, melalui Kodim 1604/Kupang terus berupaya mencegah dan memutus mata rantai Covid-19. Tidak hanya Covid TNI juga melakukan antisipasi terhadap mewabahnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) maupun Malaria, bekerjasama dengan Tim Kesehatan RST Wirasakti.

 

Sesuai rilis yang dikirim Bagian Penerangan Kodim 1604/Kupang ke berbagai media, aksi nyata yang dilakukan yakni penyemprotan Disinfektan dan pengasapan (fogging) di Asrama Tentara Kuanino RT 026 RW 004 Kelurahan Kuanino Kecamatan Kota Raja Kota Kupang, Kamis (4//21).

 

Hal tersebut disampaikan oleh Dandim 1604/Kupang Letkol Arh Abraham Kalelo, S.Sos melalui Pasi Intel Kodim 1604/Kupang Mayor Inf Mohammad Haryono.

 

Menurut dia, penyemprotan disinfektan dan fogging ini dalam rangka memutus mata rantai Covid-19 dan sebagai upaya antisipasi mewabahnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Malaria.

 

“Penyemprotan disinfektan ini merupakan tindak lanjut dari upaya pencegahan penyebaran Covid-19, sehingga dapat menekan penyebaran Covid-19 di wilayah Kota Kupang pada umumnya secara khusus di lingkungan Asrama Tentara Kuanino”, ujarnya.

 

Sedangkan untuk fogging atau pengasapan dilakukan dalam rangka mencegah berkembangnya penyebaran nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD) maupun Malaria. Dikarenakan adanya perubahan cuaca yang tidak menentu, sehingga hal inilah yang menyebabkan munculnya jentik-jentik nyamuk yang membawa penyakit DBD dan Malaria.

 

Fogging di lingkungan Asten Kupang Kamis (4/2/21).

“Hari ini kita melaksanakan penyemprotan disinfektan dan fogging dengan sasaran perumahan, barak dan perkantoran yang dianggap mudah menularkan Covid-19 dan sebagai tempat berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypty,” tutur Pasi Intel.

 

“Diharapkan dengan adanya upaya dari satuan ini dapat memberikan dampak positif berupa terbebasnya dari penyakit Covid-19 dan DBD maupun malaria,” pungkas Mayor Inf Haryono. (Pendim1604/Kupang)