Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Kukak, Jadi Kampung Tangguh

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe melaunching Kukak, sebuah kampung di desa Pariti kecamatan Sulamu kabupaten Kupang menjadi Kampung Tangguh di daerah itu Jumat, (29/1/21).

 

Kegiatan ini merupakan pilot project kolaboratif antara Polri bersama TNI dengan para stakeholder untuk melakukan aksi nyata di desa atau kelurahan dalam situasi pandemi Covid-19.

 

Sebagai representasi Pemkab Kupang yang menjabat wakil ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kupang Wabup Jerry Manafe dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Polri dan TNI terutama Kepolisian Resort Kupang dan Kodim 1604/Kupang atas segala kontribusi dan kepeduliannya terhadap penanggulangan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kupang.

 

“Semua yang terjadi saat ini merupakan bukti nyata sebuah sinergitas antar semua unsur penyelenggara pemerintahan yang wajib dipertahankan, dikembang yang kemudian ditingkatkan pada masa yang akan datang”, ungkap Manafe.

 

Dalam rilis yang dikirim Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda kabupaten Kupang kepada Media Jumat malam Jerry menambahkan, penyebaran Covid -19 di Kabupaten Kupang saat ini sudah sampai pada fase yang mencemaskan.

 

“Semua aspek kehidupan mulai dari kondisi ekonomi, sosial, budaya bahkan aspek keagamaan mengalami guncangan perubahan yang nyata. Kita tidak bisa main-main tentang Covid-19. Oleh karena itu kita harus memutuskan mata rantai virus Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan”, tegasnya.

 

Menurut dia, hal inilah yang menjadi dasar dibentuknya kampung Tangguh Nusantara yang implementasinya difokuskan pada peran aktif elemen masyarakat untuk secara mandiri dapat tangguh di bidang kesehatan, sosial ekonomi, keamanan serta di bidang informasi dan kreatifitas.

 

Kapolres Kupang Aldinan Manurung menjelaskan, program ini bukan program Kapolres Kupang semata melainkan program bersama untuk menjadikan kita kuat dan tangguh dalam permasalahan konflik sosial, Covid-19, kelaparan dan budaya.

 

Manurung mengajak masyarakat, untuk menyukseskan program bersama ini agar berjalan dengan baik.

 

“Dan menjadi tolak ukur kita agar ke depan pemerintah pusat akan memberi penghargaan bagi kita semua. Ini bukan hanya formalitas tapi untuk kepentingan kita smua. Yakin kalau kita sehat dan kuat, virus tidak akan bisa masuk dalam tubuh kita. Saya percaya program ini menjadi acuan bagi kita dan jangan ragu menjalankan hal yang kita lakukan dengan jujur dan benar pasti akan berjalan dengan lancar”, ajaknya.

 

Kapolsek Sulamu IPDA Defri juga mengatakan, kampung Tukak dipilih untuk menjadi kampung tangguh bagi masyarakat Sulamu karena semua potensi sumber daya alam ada di desa Pariti.

 

“Sejak PSBB, kegiatan warga kampung Tukak dari petani hingga ASN bahkan polisi yang ada di kecamatan Sulamu juga ikut bertani dan sudah menikmati hasilnya. Selain pertanian, ada peternakan udang dan ikan bandeng”, jelasnya.

 

Acara dihadiri pula oleh Wakapolres Kupang Djemy Gaelomi, Danramil Sulamu Kapt. Inf. Oktavianus Mali, Camat Sulamu Alfius Sitama,Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan warga desa Pariti. (PKP)

  • Bagikan