Buka Pertemuan Konsultan dan Rencana Tindak Darurat Bendungan Tilong dan Oeltua, Jerry:”Waspadai Dampak Buruk Dari Kenaikan Debit Air”

0 69

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe membuka kegiatan pertemuan Konsultan dan Rencana Tindak Darurat (RTD) Bendungan Tilong dan Bendungan Oeltua Kabupaten Kupang Selasa (26/1/21).

 

“Dengan curah hujan yang memiliki intensitas tinggi seperti ini khususnya bagi masyarakat kabupaten Kupang, kita perlu mewaspadai dampak- dampaknya serta memperhatikan kenaikan debit air pada bendungan atau embung-embung yang ada”, ungkap Jerry Manafe dalam sambutannya.

 

Wakil Bupati Jerry Manafe juga mengucapkan terima kasih kepada BWS  NT-2 yang sudah memperhatikan masyarakat kabupaten Kupang dengan menyosialisasikan berbagai kemungkinan yang terjadi dari luapan bendungan dan embung yang ada di desa sekitarnya.

 

“Salah satunya embung Oeltua yang sudah cukup lama dan tidak menutup kemungkinan adanya dampak yang tidak kita kehendaki dari embung ini”, kata Jerry dalam rilis yang dikirim Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Kupang Rabu siang.

 

Pada kesempatan itu Jerry Manafe menyampaikan beberapa poin penting kepada BWS NT-2 dan konsultan dengan harapan agar bisa memperhatikan masalah irigasi dari embung Oeltua dan bendungan Tilong.

 

“Kiranya BWS NT-2 mampu mengelola kebutuhan air bagi masyarakat kecamatan Kupang Timur dan Kecamatan Amfoang yang merupakan daerah potensial untuk pemenuhan Swasembada beras”, ujarnya.

 

Ia juga mengingatkan tentang bendungan besar di kabupaten Kupang yaitu bendungan Raknamo. “Dengan curah hujan bulan ini, semoga bendungan Raknamo bisa penuh dan dimanfaatkan untuk mensejahterakan masyarakat sekitar”, urainya.

 

Wabup Jerry mengharapkan, BWS NT-2 tidak hanya memperhatikan embung besar melainkan embung kecil karena akan berdampak  besar bagi masyarakat sekitar.

 

“Konsultan Perencana dari PT. Ika Adya Perkasa dan BWS NT-2 diharapkan memberi masukan bagi Pemkab Kupang serta bekerja sama dalam menyosialisasikan dampak tersebut ke masyarakat sekitar”, harap Mantan Ketua Partai Golkar Kabupaten Kupang itu.

 

Kegiatan yang berlangsung di aula kantor Bupati Kupang ini dihadiri Asisten II Aprianus Ully, Kapolres Kupang AKBP Aldinan J. Manurung, Danramil Camplong 1604 -02 Camilo Ds, Kadis PUPR Maclon J. Nomseo , Kadis Perhubungan Ricky Djo, Kepala BNPB Paulus Ati , PPK Opr. SDA BWS NT-2 Lasmi, Konsultan Terencana PT. IKA ADYA PERKASA Rizaldi Zantono. (PKP).