Selamat Tinggal Kabupaten Kupang

0 2.768

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Warga Pulau Semau benar-benar mau bergabung dengan kota Kupang. Buktinya mereka meminta diri melalui penyampaian aspirasi kepada pemerintah Kabupaten Kupang untuk bisa bergabung dengan Kota Kupang.

 

“Temu pisah” tersebut dilakukan di ruang rapat Wakil Bupati Kupang, Kota Oelamasi, Selasa (22/12/20).

 

Penyampaian aspirasi untuk minta diri Warga Pulau Semau dari kabupaten Kupang ke Kota Kupang ini disampaikan langsung kepada Bupati Kupang Korinus Masneno dan Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe.

 

Minta diri warga Pulau Semau tersebut tidak hanya wacana tetapi dilakukan dengan cara ritual adat oleh beberapa kepala keluarga dari Pulau Semau, yang disampaikan melalui tuturan dan ditandai dengan penyerahan dokumen aspirasi masyarakat pulau semau diterima langsung Bupati Kupang.

 

Salmun Bissilisin, salah satu tokoh adat Pulau Semau mengatakan, minta diri ini, bukan karena kepentingan politik segelintir orang, tetapi murni keinginan atau aspirasi masyarakat Pulau Semau.

 

Menurutnya, aspirasi tersebut telah lama disampaikan kepada pemerintah baik Provinsi NTT, Kabupaten Kupang dan kota Kupang, tetapi belum teralisasi.

 

“Setelah menindak lanjuti kajian yang dilakukan oleh Undana, kami bentuk Tim Percepatan Semau masuk Kota Kupang. Lalu melakukan penjaringan aspirasi. Dan, terbukti bahwa sebagian masyarakat besar Pulau Semau berkeinginan untuk bergabung dengan Kota Kupang. Untuk itu aspirasi tersebut kami sampaikan kepada pemkab Kupang, agar bisa diproses, berdasarkan regulasi yang ada,” tegasnya.

 

Bupati Kupang Korinus Masneno, ketika menerima dokumen aspirasi masyarakat Pulau Semau tersebut mengatakan, dirinya berat jika melepas Pulau Semau, tetapi karena aspirasi masyarakat Pulau Semau yang kuat, sehingga dirinya setuju apabila Pulau Semau bergabung dengan Kota Kupang.

 

“Sebagai kepala daerah saya berjanji akan memproses aspirasi tersebut, terutama melalui pleno bersama DPRD Kabupaten Kupang”, pungkasnya.  (Ttn)