Prajurit Kodim 1604/Kupang Berhamburan di Asten, Ada Apa?

  • Bagikan
Prajurit Kodim 1604/Kupang sedang test kesegaran jasmani Rabu (11/11)

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Suasana berbeda terjadi di Asrama tentara Kuanino Kota Kupang. Anggota TNI berhamburan. Ternyata sedang ada test Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik II Tahun 2020 di lapangan Asrama Tentara Kuanino Kecamatan Kota Raja Kota Kupang untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan fisik prajurit, Kodim 1604/Kupang Rabu (11/11).

 

Kegiatan tersebut diikuti prajurit jajaran Kodim 1604/Kupang yang meliputi Perwira, Bintara dan Tamtama. Sesuai jadwal, Garjas periodik dilaksanakan selama tiga hari, dari tanggal 11 sampai dengan 13 November 2020.

 

Dalam pelaksanaannya, Garjas periodik ini tetap menerapkan protokol kesehatan. Hal tersebut, disampaikan Pasipers Kodim 1604/Kupang Mayor Inf Hendry Dunant, S.I.P.

 

“Tes kesegaran jasmani ini merupakan kewajiban bagi setiap prajurit,” tegasnya.

 

Pelaksanaan tes kesegaran jasmani kali ini sedikit berbeda dengan Garjas sebelumnya, karena adanya pandemi virus corona. Untuk itu, pelaksanaannya dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, diantaranya anggota mencuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan, jaga jarak saat menunggu giliran dan menggunakan masker,” ujarnya.

 

“Meski demikian dengan adanya pandemi Covid-19 faktor keselamatan dan kesehatan anggota selama kegiatan yang kita utamakan, maka dari itu sebelumnya dilakukan pemeriksaan kesehatan,” terang Pasipers.

 

Pasipers menambahkan tes kesegaran jasmani ini juga merupakan program TNI-AD yang harus dilaksanakan setiap prajurit. Program yang dilaksanakan setiap enam bulan sekali, dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik prajurit, sekaligus mengukur kemampuan kesemaptaan jasmani secara berkala.

 

Diharapkan para peserta dapat melaksanakan tes kesemaptaan ini dengan maksimal dan mampu mencapai nilai yang diharapkan dan sesuai standar Prajurit Komando Kewilayahan. Meski demikian, setiap prajurit diwajibkan mempedomani protokol kesehatan dalam pencegahan Covid-19.

 

Pihaknya berharap dengan adanya Garjas periodik yang dilakukan dapat diketahui sejauh mana pembinaan yang dilakukan oleh satuan, sekaligus sebagai bahan evaluasi untuk program kedepan.

 

Adapun kesegaran jasmani yang dilaksanakan meliputi, Garjas A yakni lari 12 menit. Garjas B, meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up, Lunges, Shuttle Run dan yang terakhir adalah Renang. (Pendim1604/Kupang)

  • Bagikan