Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Babinsa Koramil 1604-02/Camplong dan KNPI Tanam Sereh

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Serda Domingos Correia DJ Babinsa Koramil 1604-02/Camplong bersama pemuda/pemudi Tim Komite Nasional Pemuda Indonesi (KNPI) melakukan budidaya tanaman Sereh, Rabu (28/10/20) .

 

Penanaman sereh tersebut dilaksankan di PT. Sasando RT 002 RW 001 Dusun 01 Desa Kuimasi Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang.

 

Selain aktif melaksanakan Tugas pokoknya sebagai Babinsa, Serda Domingos juga aktif dalam berinovasi mencari kegiatan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, seperti yang dilakukannya bersama penuda/i yang tergabung dalam KNPI.

 

Dalam ilmu pertanian, Sereh wangi atau dikenal dengan Cymbopogon nardus. L merupakan salah satu jenis tanaman minyak atsiri, yang tergolong sudah berkembang. Dari hasil penyulingan daunnya diperoleh minyak sereh wangi yang dalam dunia perdagangan dikenal dengan nama Citronella Oil. Minyak sereh wangi Indonesia dipasaran dunia terkenal dengan nama “Citronella Oil of Java”.

 

Tidak hanya itu, limbah rumput dari sisa penyulingannya juga masih bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak yang diolah dengan sistem fermentasi termasuk juga limbah minyak bermanfaat untuk pestisida.

 

“Jadi, semuanya tidak terbuang percuma, limbah dari penyulingan bisa dibuat ternak sapi dan pestisida, “ ungkapnya,” tutur Babinsa Serda Domingos.

 

Harapannya, di tengah perekenomian yang makin sulit akibat pandemi Covid-19 yang berkelanjutan.

 

“Apa yang dilakukannya bersama pemuda/pemudi Tim Komite Nasional Pemuda Indonesi (KNPI) ke depannya berjalan lancar dan sukses dengan niat ingin turut serta memperbaiki perekonomian masyarakat, saya juga berharap semoga hal ini dapat memicu semangat yang lainnya,” pungkasnya. (Pendim1604/Kupang)

  • Bagikan