Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Tingkatkan Pengawasan Pilkada, Bawaslu Gelar Sosialisasi

TTU, FLOBAMORA-SPOT.COM – Dalam rangka meningkatkan pengawasan pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020 di kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) bersama Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) kecamatan Insana Utara mengadakan rapat koordinasi-sosialisasi pengawasan pemilihan partisipatif tingkat kecamatan bersama para tokoh masyarakat di Aula Resort Marjon Wini, jumat (23/10/20).

 

Ketua Bawaslu TTU Martinus Kolo, S.E. menandaskan, Tujuan dari sosialisasi ini adalah sebagai antisipasi menghadapi praktek politik uang (money politic), isu suku, agama, ras dan antargolongan (Sara), dan tetap menerapkan protokol covid 19 dalam seluruh proses pilkada 2020.

 

Dalam diskusi lanjutannya, dia menghimbau agar kepala desa dan tokoh masyarakat memberi pemahaman kepada masyarakat untuk mendengar kampanye sehingga tau visi-misi paslon sebelum menentukan pilihan.

 

“Kita juga tetap menjaga alat peraga kampanye (APK) yang sudah terpasang di wilayah. Meskipun tidak setuju, namun harus tetap obyektif dan menjaga keadilan pemilu”, kata ketua Bawaslu tiga periode ini.

 

Lebih lanjut dia mengajak masyarakat membangun kerjasama yang solid dalam menegakkan keadilan pemilu. Jika menemui pelanggaran atau kecurangan jangan takut atau enggan untuk melapor. Sudah ada regulasi hukum yang mengatur semuanya.

 

“Kita bersama-sama menjaga pemilu supaya berjalan demokratis dan menghasilkan pemimpin kita yang membawa daerah TTU ke arah yang lebih baik”, ungkapnya.

 

Melianus Boby Talaen, S.Pd selaku Ketua Panwascam menandaskan, Para peserta yang hadir dalam rapat koordinasi sosialisasi ini meliputi, para kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tim sukses ketiga pasangan calon (Paslon) dan pihak keamanan dalam lingkup kecamatan.

 

“Peserta yang hadir dibatasi, mengingat covid 19. Untuk itu, kami hanya mengundang tiga desa perwakilan dalam sosialisasi ini yakni: Desa Humusu Wini, Humusu Oekolo dan Oesoko”, tandas Boby.

Pada akhor sosialisasi ini, dilakukan penandatanganan kesepakatan partisipatif pengawasan pemilu tingkat kecamatan Insana Utara dalam menciptakan pemilu yang berintegritas dengan tetap mengindahkan covid -19 (ba/ttu).

  • Bagikan