Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Jalan Nekamese – Usapi Sonbai Nyaris Putus, Warga Swadaya Buka Jalan Baru

Inilah ruas jalan yang nyaris Putus. diabadikan Rabu (14/10/20)
Antonius Tuan, salah satu pelintas di ruas jalan yang longsor Rabu (14/10)

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Titik longsoran ruas jalan yang menghubungkan Pusat Kecamatan Nekamese Kabupaten Kupang dengan enam desa di wilayah pantai Selatan nyaris putus. Akibatnya  aktifitas transportasi dari dan ke wilayah itu menjadi terhambat. Masyarakat kwatir memasuki musim penghujan tahun ini trasportasi putus total.

Untuk Menghindari kondisi itu warga membuka jalan baru disamping lokasi longsoran, namun dikwatirkan longsoran akan semakin dalam apabila tidak ditangani segera.

 

“Ya betul pak kami minta Pemerintah supaya kalau bisa perhatikan segera sebelum musim hujan datang, karena akan memperparah longsoran dan bisa sebabkan jalan putus total”, pinta Markus Nenosaban (64) warga Dusun IV Desa Usapi Sonbai.

bapa Hermanus Leinsini

Hal yang sama diungkapkan Hermanus Leinsini (67). “Tidak ada jalur jalan lain hanya ini satu-satunya jalan yang sering dilewati semua warga enam (6) desa di Pantai Selatan yakni Desa Oenif, Usapi Sonbai, Taloitan, Bone, Tasikona dan Desa Oepaha Kecamatan Nekamese Kabupaten Kupang”, ujarnya.

 

Sementata itu Kepala Dusun V Desa Usapi Sonbai Kecamatan Nekamese Kabupaten Kupang Mikael Bana (42) Rabu, (14/10/20) mengatakan, longsor terjadi 2018 dan sudah pernah dibenahi tetapi awal Januari 2020 lalu longsor kembali terjadi dan bertambah parah, sehingga dikwatirkan jalan itu bisa putus total apabila tidak segera dibenahi.

“Sudah lama sejak 2018 tapi tambah parah akibat hujan Januari 2020 lalu, sehingga kami kwatir bisa tambah rusak kalau tidak diperbaiki tahun ini,” tandas Bana. (goe)

  • Bagikan