SIPD, Dukung pengelolaan Keuangan Daerah

  • Bagikan
Bupati Kupang Korinus Masneno dan ketua DPRD Dan Taimenas dan 2 Pejabat pusat saat kegiatan SIPD di Kupang Jumat (25/9)

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM –  “SIPD hadir untuk memberikan jawaban terhadap keseluruhan kegiatan pengelolaan keuangan Daerah, baik perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasan yang efisien, efektif, ekonomis, transparan dan bertanggung jawab”.

Demikian disampaikan Bupati Kupang Korinus Masneno saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis penganggaran Tahun 2021 melalui Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) di lingkup Pemkab Kupang Jumat (25/09-2020) yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 25 s/d 27 September 2020 bertempat di Silvia Hotel.

 

Bupati Kupang Korinus Masneno memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Bimtek SIPD yang menurutnya memberikan kontribusi positif terhadap pengelolaan keuangan daerah yang semakin baik di Kabupaten Kupang.

Masneno menjelaskan, SIPD memberikan banyak manfaat  bagi Pemerintah Daerah diantaranya membantu Pemda dalam menyusun anggaran dan laporan keuangan daerah. APBD yang ditetapkan jelasnya harus memenuhi ketentuan perundang-undangan, juga dapat memiliki keselarasan dengan Peraturan Daerah Kabupaten Kupang yang mengatur fungsi Perangkat Daerah dalam melaksanakan urusan Pemerintahan.

Lebih Lanjut dia menjelaskan, melalui SIPD ini Pemda akan terbantu dalam merumuskan kebijakan keuangan daerah. Kebijakan dalam menetapkan target pendapatan, belanja dan pembiayaan sesuai dengan kondisi makro daerah.

“Perumusan kebijakan keuangan daerah melalui SIPD diharapkan dapat mengakomodir seluruh perencanaan, baik itu perencanaan partisipatif, teknokratik maupun politis, sebagai satu kesatuan dalam rencana pembangunan,” Ungkapnya.

 

“Saya berharap dengan dilakukannya evaluasi kinerja keuangan daerah berdasarkan data pada SIPD, memberikan informasi tentang efisiensi PAD, kaitannya dengan besaran anggaran yang dikeluarkan untuk melakukan pungutan PAD, dengan realisasi penerimaan PAD,” Ungkap Masneno.

Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah Kemendagri Nyoto Suwiento mengatakan, sistem Pemerintahan berbasis elektornik sangat diperlukan dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang bersih, efektif dan akuntabel. “Kita berharap melalui SIPD ini, akan terbentu tata kelola pemerintahan yang semakin baik,” Ungkapnya.

 

Sementara itu Direktur Perencanaan Anggaran Bahri menyatakan harapannya Pemda memiliki data yang terintegrasi dan tersistem dengan baik, satu data, satu sistem. (BS/Humas)

  • Bagikan