Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

WTP Lagi,  NTT Terima Penghargaan Dari Kemenkeu

Pengumuman WTP

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM –  Provinsi NTT mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan atas raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)  untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah  selama lima tahun berturut-turut dari Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani dalam Rapat Kerja Nasional  Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020, Selasa (22/9).

 

Rakernas bertema Tantangan Akuntabilitas Keuangan Negara dalam Penanganan Pandemi Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

 

Provinsi  NTT mendapatkan opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sejak tahun 2015 sampai dengan tahun 2019.Ada 286 entitas  laporan dari Kementerian/Lembaga (K/L)  dan Pemerintah Daerah (Pemda)  yang menerima penghargaan karena raihan WTP 5 tahun berturut-turut. Sementara K/L  dan Pemda yang memperoleh Penghargaan karena 10 kali berturut WTP sejumlah 41 entitas. Untuk laporan keuangan tahun 2019, ada  570 entitas yang dapatkan WTP.

 

Sri Mulyani memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah melakukan sinergi kuat dalam wujudkan pertanggungjawaban keuangan negara.

 

“WTP merupakan tanda meningkatnya kualitas dari laporan keuangan pemerintah. Tahun 2019, terjadi peningkatan WTP dari kementerian/lembaga yakni sebanyak 84 entitas dari 81  pada tahun 2018. Sementara untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah  (LKPD) tahun anggararan 2019, ada sejumlah  486 yang terima WTP dari 542 Pemerintah Daerah secara keseluruhan, atau 89,7 persen. ,” jelas Sri Mulyani.

 

Dia mengharapkan agar K/L dan pemda yang belum peroleh WTP, dapat mengambil langkah yang efektif dan terukur untuk menjalankan rekomendasi dari BPK secara sungguh-sunggguh.

 

“Dengan komitmen dan perbaikan tata kelola keuangan daerah yang komprehensif diharapkan kementerian/lembaga dan Pemerintah Daerah yang belum dapatkan WTP, dapat memperolehnya pada tahun 2020 ini,” pungkas Sri Mulyani.

 

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Daerah NTT, Zacharias Moruk menjelaskan, pihaknya akan terus berupaya untuk mempertahankan prestasi tersebut.

“Sejak tahun 2015 sampai dengan tahun 2020, baru 2 kabupaten yang dapatkan WTP empat kali yakni Kabupaten Sikka dan Sumba Timur.  Untuk LKPD 2019, ada 11 kabupaten/kota  yang dapatkan WTP. Salah satunya Kota Kupang, setelah sekian  lama tidak dapatkan WTP. Target kami, tahun 2022, semua Kabupaten/Kota di NTT dapatkan WTP.” jelas Zacharias Moruk.

 

Sumber : SP Humas dan Protokol NTT

  • Bagikan