Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Masneno: “Tidak Ada Pilihan Lain Kecuali Menciptakan Inovasi Baru”

Bupati Kupang dan Wakil Bupati Kupang bersama peserta Penandatanganan MOU dan PKS di Aula Kantor Bupati Kupang oelamasi Jumat (4/9/20)

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Bupati Kupang melakukan Penandatanganan MoU dan PKS Integrasi Data PBB-P2 Kabupaten Kupang serta Launching Pembayaran PBB-P2  Kabupaten Kupang melalui Mobile Banking Bank NTT, bersama Wakil Bupati Kupang Jery Manafe,SH,M.Th, Sekda  Kabupaten Kupang Ir. Obet Laha, Deputi perwakilan BI , Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Kepala OJK Propinsi NTT, Kaban Pertanahan Kabupaten Kupang, Kepala Bapenda Kabupaten Ende, Direktur Pemasaran Dana Bank NTT, Ketua Ikatan PPAT bersama Anggota, para Asisten, Staf Ahli dan para pimpinan OPD terkait, melakukan kegiatan penandatanganan MoU dan PKS Integrasi Data PBB-P2 Kabupaten  Kupang di Aula Kantor Bupati Kupang, Jumat, (4/9/20),.

“Tidak ada pilihan lain kecuali Pemda harus bekerja sama menciptakan inovasi baru, memanfaatkan potensi sumber daya yang dimiliki, dalam rangka mendorong dan menciptakan situasi kondusif bagi tumbuh kembangnya pembangunan masyarakat di Kabupaten Kupang”, kata Bupati Kupang Korinus Masneno dalam sambutannya.

Menurut  Masneno, Peran pemerintah di jaman seperti ini lebih kepada bagaimana memfasilitasi masyarakat, kekuatan fiskal daerah dalam rangka membiayai program pembangunan di Kabupaten Kupang sangat terbatas.

“Saya ingin menyampaikan kepada kita smua bahwa income Pemkab Kupang telah mendukung totalitas dari APBD Kabupaten  Kupang hanya berkisar 5% sampai 6% dari total APBD yang berasal dari PAD Kabupaten Kupang. Pada tahun Anggaran 2020 ini total APBD kami kurang lebih skitar 1,3 triliun dan hanya 68 miliar yang berasal dari PAD. Itu artinya kekuatan pemerintah untuk melakukan inovasi-inovasi program sangat terbatas. Kami berupaya  membuat inovasi baru dalam rangka menggarap potensi kekuatan PAD di Kabupaten Kupang”, jelasnya.

Kaban Pertanahan Kabupaten  Kupang Jose Marcus Fernando, SST, S.H,MPA menyatakan tugas dan fungsi mereka yaitu melaksanakan pelayanan di bidang Pertanahan tentunya ada keterkaitan dan peran aktif sebagai PPn terkait dengan adanya penerimaan pajak.

Dengan adanya PKS ini sudah tidak ada lagi perbedaan data. Dan dengan menggunakan sistem ini kita sudah bisa saling melihat tidak ada perbedaan data dan Dispenda sudah bisa lebih mudah untuk menentukan besaran pajak bagi masyarakat Kabupaten  Kupang.

Direktur Pemasaran Dana Bank NTT Absalom Sine, SE mengatakan, dengan dukungan penuh dari Pemkab Kupang, maka Bank NTT cabang Oelamasi dalam melaksanakan misinya dapat berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan Bank NTT secara keseluruhan.

Sementara itu,  Deputi Kepala BI Propinsi NTT I Nyoman Ariawan Atmaja mengatakan ini adalah suatu kemajuan besar, sebelumnya kita sudah lakukan SP 2 online bersama Bank NTT, dan dengan adanya transaksi secara online akan menambah PAD melalui pembuatan sertifikat oleh BPN dalam hal pembayaran PBB-P2.

 Dalam kesempatan yang sama Kepala OJK Propinsi NTT Robert Sianipar mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini sehingga BPN, Pemda  dan Bank NTT dapat bekerja sama memberikan pelayanan secara online kepada masyarakat.

Pada kesempatan ini juga kami titipkan Bupati Kupang sebagai pemegang saham, bagaimana sama-sama meningkatkan kapasitas pembiayaan dan juga Bank NTT diharapkan mampu bersaing untuk memberi pelayanan maksimal, tentunya di era pelayanan covid ini. Salah satu contoh produk yang hari ini dilaunching pembayaran PBB-P2 melalui M-Banking. (Humas/ Wanter)

  • Bagikan