Anda Sedang Di Sumba Barat ? Berkunjung Yukk ke Air Terjun Lapopu

0 48

SUMBA BARAT, FLOBAMORA-SPOT.COM – Jika anda sedang berada di Sumba Barat sebaiknya anda berkunjung dahulu ke Air terjun Lapopu sebelum meninggalkan Sumba Barat. Keberadaan air terjun ini bak ‘oase’ dan surga tersembunyi di tengah teriknya matahari dan keringnya udara di Sumba.

 

Berada dalam kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru, tepatnya di Desa Lapopu, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat, air terjun ini merupakan jenis air terjun bertingkat (berundak-undak) yang jatuh dari tebing dengan ketinggian sekitar 90 meter.

 

Akses jalan menuju Lapopu dapat dimulai dari Waikabubak/ Tambolaka dengan menyewa kendaraan dikarenakan belum ada kendaraan umum untuk mencapai lokasi air terjun ini. Berjarak kurang lebih 30 km dari Waikabubak.

 

Setibanya di pintu masuk air terjun, pengunjung dapat melakukan registrasi ke petugas penjaga taman nasional dengan membayar tiket masuk sebesar 5.000 rupiah saja. Meskipun belum terlalu memadai, terdapat fasilitas seperti toilet dan ruang untuk berganti pakaian di pos penjaga.

Jembatan Penyebrangan di Air terjun Lapopu Sumba Barat

Untuk menuju lokasi air terjun pengunjung harus berjalan kaki sekitar 500 meter. Di tengah perjalanan trekking nantinya pengunjung juga akan melewati sebuah jembatan kayu sederhana yang nampak sedikit rapuh dan hanya boleh dilewati oleh maksimal dua orang sekali penyeberangan.

 

Tak lama setelah itu, pengunjung sudah dapat menyaksikan betapa indahnya pesona Air Terjun Lapopu dengan airnya yang sangat jernih dan berwarna hijau kebiruan atau biru tosca itu. Pengunjung juga dapat merasakan segarnya aliran air terjun dengan berenang di kolam alami yang terbentuk dari air terjun tersebut. Selain sebagai tempat wisata favorit, ternyata Air Terjun Lapopu ini juga dimanfaatkan sebagai sumber air bagi masyarakat setempat dan berpotensial sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro listrik.

 

Air Terjun Lapopu merupakan destinasi wajib bagi pengunjung yang hendak melakukan perjalanan darat menjelajahi eksotisme Pulau Sumba dari barat ke timur. [Anggey/IndonesiaKaya]