Taman Wisata Alam Camplong Sejuk dan Nyaman. Ingin Tau, Datanglah!!

0 50

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Taman Wisata Alam (TWA) Camplong adalah objek wisata alam yang bisa ditemui di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Lokasi taman wisata ini tepatnya berada di pinggir jalan menuju ke kota Soe. Dari pusat kota Kupang, lokasi hutan wisata ini berjarak 46 km. Ada transportasi umum yang bisa digunakan untuk menuju ke hutan wisata, berupa minibus.

 

Dari kota Kupang bisa menumpang minibus jurusan kota Soe dan tanyakan ke supirnya untuk diturunkan di TWA Camplong. Selain menggunakan minibus, di pusat kota Kupang juga terdapat taksi yang bisa mengantarkan hingga ke TWA Camplong. Tentu saja biayanya akan berbeda ketimbang naik minibus.

 

Kawasan hutan yang pertama kali ditetapkan sebagai taman wisata pada tahun 1929 ini mempunyai luas lanskap lebih dari 2000 hektar. Lanskap ini dibagi dalam dua kawasan yang berbeda, yaitu kawasan taman wisata yang membentang seluas lebih dari 600 hektar dan kawanan bukan hutan seluas lebih dari 1700 hektar.

 

Pada waktu pertama kali ditetapkan pada tahun 1929 sebagai hutan wisata, luas TWA Camplong hanya mencapai sekitar 475 hektar saja. Namun pada tahun 1989, hutan Camplong kemudian digabungkan oleh pemerintah setempat ke dalam hutan Sisimeni Sanam. Luas gabungan 2 hutan inilah yang pada tahun 1982 ditetapkan sebagai taman wisata yang saat ini dikenal dengan nama Taman Wisata Alam Camplong.

 

Kawasan TWA Camplong menyimpan beberapa kekayaan alam. Kawasan ini misalnya, mempunyai sumber mata air alami. Status taman wisata yang dimiliki oleh hutan Camplong dapat menjaga salah satu sumber mata air yang dimiliki oleh Kupang. Karena pepohonan yang memenuhi hutan Camplong akan memastikan kualitas air yang berasal sumber mata air tetap dalam kondisi yang baik hingga di masa yang akan datang.

 

Meskipun sedang berada di hutan pengunjung tidak harus menuju ke lokasi mata air untuk memperoleh air bersih. Karena pihak pengelola juga menambahkan beberapa fasilitas air bersih untuk membuat pengunjung lebih nyaman ketika sedang berekreasi di TWA Camplong. Selain mata air alami dan kolamnya, pihak pengelola TWA Camplong juga sudah memasang kran air yang bisa ditemukan di jalan setapak yang menembus hutan wisata. Selain kran air ini masih ada lagi kolam air bersih. Lokasinya juga berada tidak jauh dari jalan setapak. (Sintus/bersambung)

 

 

Sumber:Kepulauanntt.blogspot.com