Air Terjun Taplel, Oesusu, Curahan Air Deras Dari Ketinggian, Berkunjung Yuk !!

0 25

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Cuaca dingin di pagi hari ini membuat saya agak canggung untuk berkunjung ke Air terjun Oesusu. Disebut Air Terjun Oesusu karena terletak di desa Oesusu Kecamatan Takari. Nama sebenarnya adalah Taplel. Saya tidak tau apa arti kata Ini. Maksud hati ingin bertanya namun pagi itu belum ada seorangpun di lokasi air terjun yang mengalir dari tebing taplel tercurah dengan deras dari ketinggian di tengah hutan Takari.

Pengunjung sedang menikmati sejuknya air terjun Oesusu

Lokasi air terjun di Nusa Tenggara Timur (NTT), berjarak 50 Km dari Kota Kupang, dengan waktu tempuh 1,5 jam kendaraan bermotor.

Tiba di Depot Persemaian Cendana Hutan Kaut, papan nama air terjun seolah menjadi petugas selamat datang menyambut pengunjung. Perjalanan belum selesai, masih harus menempuh satu kilometer dari pinggir jalan utama ke titik air terjun.

 

Menerobos hutan

Susur hutan menjadi kewajiban setiap orang yang ingin menguak pesona air terjun Taplel. Jalan kaki menerobos hutan kaut atau menggunakan motor hingga dekat lokasi air terjun, bisa menjadi pilihan pengunjung.

Bila berjalan kaki, pengunjung bisa menikmati dengan santai pepohonan hutan kaut yang didominasi pohon jati. Aneka kicau burung yang bersembunyi di rerimbunan dedaunan pohon sesekali terdengar sepanjang jalan.

(Akar kayu yang menggantung menjadi ayunan bagi pengunjung sebelum menceburkan diri dalam kubangan air terjun Taplel. Foto: Dok. Arthurio Oktavianus)

Pengunjung yang menuju lokasi air terjun menggunakan motor, harus hati-hati. Karena, lintasan berupa jalan setapak yang sempit. Jalan tanah dengan kondisi curam akan menguji nyali dan memacu adrenalin. Saat musim hujan, jalan licin dan berlumpur.

Mandi air terjun

Satu lopo (gazebo/pondok) dan suara hempasan air yang jatuh menjadi titik akhir susur hutan. Tak jauh dari lopo, air deras yang tercurah dari ketinggian sekitar 20 meter, meluncur bebas di permukaan bebatuan.

Hijaunya pepohonan di lokasi air terjun Taplel, sampai merambat di dinding batu yang kokoh. Pepohonan hijau yang membuat teduh dan menyelimuti aliran air terjun, bak ksatria penjaga setia benda berharga.

Menceburkan diri dalam jernihnya air terjun Taplel adalah keharusan setelah lelah berjalan. Akar kayu yang menggantung, menjadi tempat bermain asyik untuk berayun dan terjun bebas dalam kubangan air terjun.

Air terjun Taplel sangat pantas untuk dimasukkan dalam daftar traveling saat mengeksplore tanah Timor. Pesona alamnya akan membuai mata. Namun sayang, sangat minim fasilitas. Bahkan, tebaran sampah plastik teronggok bebas hingga berwarna pupus. (Ellena)

Sumber: https://www.medcom.id/

Pewarta: Arthurio Oktavianus Arthadiputra

Foto-foto: Dok. Arthurio Oktavianus)