Melalui TMMD Ke-108 TNI dan Masyarakat Semakin Mesra

0 95

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Kepala Desa Oebesi, Kecamatan Amarasi Timur, Kabupaten Kupang, Semru Nesi merasa sanga beruntung menjadi Tuan rumah pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun 2020 ini. Melalui TMMD kemesraan tNI dan masyarakat semakin erat.

 

”Sejak ada program TMMD ke-108 Kodim 1604/Kupang di desa kami, tidak ada lagi batasan antara kami dengan TNI. Sebelum adanya program TMMD kami mengenal para tentara adalah sosok yang tegas, kaku, tidak bisa bercanda, tetapi setelah kami mengenal lebih dalam ada sosok humanis yang belum kami kenal didalamnya,” ungkapnya Senin (6/7/20).

 

Menurut dia, TMMD membuat masyarakat Desa Oebesi tidak takut dengan Tentara.

“Sejak dibuka 30 Juni 2020 masyarakat sangat antusias, masyarakat berterima kasih karena TNI telah rela membantu untuk membangun desa kami”, ucap dia.

 

Menurutnya, pandangan masyarakat Desa Oebesi berubah semenjak adanya program TMMD, ini akan memberikan nuansa berbeda kepada masyarakat tentang TNI.

“Awal TMMD, warga disini agak canggung dan malu-malu karena beranggapan TNI itu sangar, tetapi setelah membaur, ngobrol bersama mereka merasakan yang berbeda sehingga terbentuk kedekatan dan kekeluargaan yang erat,” tutur Kepala Desa.

 

Rasa takut warga perlahan luntur setelah beberapa hari bersama dengan TNI dengan sama-sama memperbaiki dan membangun sarana dan prasarana.

Kedekatan itu kini membentuk sinergitas yang tinggi dalam gelaran TMMD ke-108 TA. 2020 Kodim 1604/Kupang yang ditargetkan akan rampung pada 30 Juli 2020 mendatang.

 

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke-108 TA. 2020 Letkol Inf Jimmy Rihi Tugu juga mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada masyarakat Desa Oebesi yang telah membantu pelaksanaan TMMD ke-108 sehingga pelaksaan bisa berjalan dengan aman.

“Saya berharap sinergitas ini dapat terus terjalin agar target TMMD dapat tercapai sesuai yang diinginkan. (Pendim1604/Kupang)