Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Benahi Sektor Pariwisata di Masa Normal Baru, Ini Yang Dilakukan Pemkot Kupang

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Pemerintah Kota Kupang mulai gencar melakukan pembenahan di sektor pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan daerah ini pada masa normal baru. Sejumlah kegiatan digelar untuk memastikan para pelaku usaha di sektor ini benar-benar siap menjalankan usahanya di tengah pandemi covid -19. Salah satunya mempersiapkan para pemandu wisata untuk mempromosikan destinasi wisata yang ada.

Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM,MH saat membuka pelatihan pemandu wisata tata kelola destinasi wisata Kota Kupang, Rabu (1/7) di Hotel Neo Aston Kupang menyampaikan pariwisata Kota Kupang telah mengalami tantangan yang cukup berat selama 3 bulan belakangan ini akibat pandemi covid 19. Aktivitas sektor pariwisata mengalami kevakuman karena harus menyesuaikan dengan pembatasan-pembatasan sosial yang diberlakukan pemerintah, guna mempersempit ruang gerak penularan wabah ini. Namun, dengan dimulainya adaptasi kebiasaan baru yang diisyaratkan pemerintah baru-baru ini, seluruh aspek kehidupan didorong untuk produktif di tengah pandemi namun tetap memperketat protokol kesehatan sehingga tetap aman dari penularan virus.

“Kita tahu benar karena covid-19 ini begitu banyak dampak yang kita rasakan, baik itu perorangan maupun di dunia usaha seperti perhotelan atau destinasi wisata. Oleh karena itu pemerintah Kota Kupang saat ini juga berjuang sungguh-sungguh bersama membangkitkan kembali tempat usaha dan industri pariwisata yang tidak berjalan selama pandemik covid-19,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama Wali Kota mengajak semua pihak untuk tetap memperhatikan aspek keamanan dan kesehatan sehingga tetap produktif dan aman ditengah pandemi.

Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Kupang, Dra. Maria Fernandez melaporkan, Pelatihan Pemandu Wisata Tata Kelola Destinasi Wisata DAK Non Fisik Tahun Anggaran 2020 bagi para pengelola wisata yang tersebar di wilayah Kota Kupang ini dilaksanakan sejak tanggal 1- 3 Juli 2020.

Sebelumnya Dinas Pariwisata Kota Kupang juga telah menggelar pelatihan manajemen pondok wisata (homestay).

Kegiatan ini menghadirkan sejumlah nara sumber. (PKP_chr/ans/ech)

  • Bagikan