Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Pertemuan Dengan Mentri ASEAN Mensos Jelaskan Upaya Indonesia Hadapi Covid-19

Mensos RI Juliari Batubara saat memimpin Rapat secara Virtual bersama Negara Asean di Jakarta Rabu (10/6/20)

JAKARTA, FLOBAMORA-SPOT.COM – Menteri Sosial RI Juliari P Batubara memimpin Delegasi Pemerintah Indonesia dalam pertemuan Special Online Meeting of the ASEAN Ministerial Meeting on Social Welfare and Development (AMMSWD) on Mitigating Impact of Covid-19 on Vulnerable Groups in ASEAN, Rabu (10/6/20).

 

Pertemuan ini ditujukan untuk menyatukan komitmen ASEAN Member States dalam upaya-upaya melindungi masyarakat rentan dari dampak besar pandemi Covid-19 sekaligus mengidentifikasi area kerjasama antara ASEAN Member States dan dengan mitra-mitra pembangunan ASEAN.

Pertemuan yang diadakan secara online ini dibuka oleh Secretary-General of ASEAN Secretariat, Dato’ Lim Jock Hoi dan dihadiri oleh 10 Menteri yang menanganani isu kesejahteraan sosial di ASEAN.

 

Pemerintah Indonesia menyampaikan 4 (empat) poin penting yaitu (1) meningkatkan jumlah dan coverage bantuan sosial dan jaring pengaman sosial, serta menaikan jumlah bantuan bagi beberapa program perlindungan sosial. (2) menguatkan investasi pemerintah pada pengembangan Data terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), (3) merumuskan platform perlindungan sosial adaptif sesuai dengan RPJMN 2019-2024 dan Renstra Kemensos 2020-2024, dan (4) peran krusial dari kesetiakawanan sosial.

 

Pemerintah Indonesia selanjutnya merekomendasikan ASEAN untuk bergerak ke arah pembentukan sistem perlindungan sosial adaptif, promosi kesetiakawanan sosial, penguatan pendataan kesejahteraan sosial, serta program sosial yang saling melengkapi dan integratif. (Biro Pers Istana/SIntus)

  • Bagikan