Obyek Wisata di Kabupaten Ini, Bisa Sembuhkan Penyakit Kulit

0 126

OELAMASI, FLOBA,MORA-SPOT.COM – Salah satu potensi obyek wisata alam yang  ada di Kabupaten Kupang adalah mata air belerang/air panas Oefon di kali Noeloben Desa Oh’haem kecamatan Amfoang Selatan.

Obyek wisata Pemandian Air belerang ini diyakini masyarakat setempat, mampu menyembuhkan penyakit kulit.

 

Selain karena khasiat dari air belerang ini untuk pengobatan penyakit kulit, lokasi sekitar air tepatnya di kali Noeloben itupun memiliki pemandangan cukup baik. Lokasi air panas ini sendiri sangat bagus dan potensial untuk dikembangkan karena memiliki air belerang yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan beragam penyakit kulit.

Sekilas mengenai lokasi pemandian air belerang, ternyata lokasi itu dikelilingi oleh sebuah kawasan hutan yang tak begitu dipadati tumbuhan tinggi. Yang dominan di sana adalah tanaman sekelas perdu dan sebuah jenis tanaman bambu. Tak lebih dari lima rumpun.

 

Tekstur tanah di obyek wisata ini adalah tanah liat, yang sangat licin ketika musim penghujan, namun bagi masyarakat setempat, mereka sudah cukup familiar dengan tantangan alam seperti itu.

 

 

 

Lokasi itu sendiri, tak begitu jelas ditemukan oleh siapa dan pada tahun berapa, namun satu hal yang pasti bahwa masyarakat di sana merasa sangat bangga dengan potensi itu. Bahwa dengan air belerang itulah, desa mereka dikenal dan menjadi buah bibir dimana-mana.

Tepat di bawah pancuran terdapat sebuah kali sehingga air yang turun sebagian tertampung langsung di bawah. Kolam kecil itu dipagari oleh bebatuan yang besar serta cadas. Dalamnya cuma sekitar satu meter saja.

Air itu keluar dari bibir batu dan ada pula dari pori-pori tanah, kemudian dialirkan melalui tiga buah pancuran yang terbuat dari bambu berukuran lengan orang dewasa.

 

Sumber: –http://coretanlitha.blogspot.com

-Buku Profil Pariwisata kabupaten Kupang