Bupati Sikka Ajukan Lockdown Terbatas

0 124

MAUMERE, FLOBAMORA-SPOT.COM — Pemerintah Kabupaten Sikka, provinsi Nusa Tenggara Timur, mengajukan surat permohonan  kepada pemerintah pusat di Jakarta untuk melakukan kebijakan lockdown terbatas dan sementara bagi akses transportasi udara dan laut  bagi semua maskapai.

Akses transportasi udara yakni pintu masuk Bandara Udara Frans Seda Maumere dan Pelabuhan Lorens Say Maumere dan  pelabuhan penyeberangan Kewapante.

Jika disetujui maka seluruh penerbangan domestik, kapal penumpang Pelni dan penyeberangan Roro dan ASDP ditutup  semua pada tanggal 30 Maret 2020  pukul 01.00  WIT hingga 12 April 2020  pukul 12.00 WITA.

Menurut Bupati Robi Idong, penutupan akses penerbangan dan penyeberangan laut itu dilakukan berdasarkan Surat Edaran ( SE) Menteri Kesehatan RI Nomor : SR.03.04/ I/ T5/2020 tanggal 6 Januari 2020 tentang persiapan dalam upaya pencegahan penyakit Pneumonia dari negara Republik Tionghoa kepada Indonesia

Dan SE Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.02/ II/329/2020 tanggal 31 Januari 2020 tentang peningkatan kewaspadaan terhadap infeksi Novel Corona virus (2019- NCOV) sebagai kedaruratan kesehatan masyarakat dunia Republic Health Emergency of International concom serta  menindaklanjuti  instruksi Gubernur NTT Nomor 1 Tahun 2020 tentang peningkatan kewaspadaan terhadap resiko penularan infeksi Corona Virus Desease 2019 ( Covid -19).

Menurut Bupati Sikka, instruksi Gubernur NTT diantaranya adalah melaksanakan upaya – upaya pencegahan di pintu masuk bandara dan pelabuhan serta mendeteksi dini para penumpang yang datang dari daerah terjangkit dengan mengoptimalisasikan pemakaian thermal scanner dan health alert card sesusai dengan prosedur yang berlaku.

Bandara Frans Seda Sikka Maumere

Meskipun begitu, kata Bupati Robi Idong, ada pengecualian bagi pesawat dan kapal laut yang diizikan terbang dan berlayar ke wilayah Kabupaten Sikka, pulau Flores, NTT yang membawa bantuan logistik Covid-19  dan bantuan logistik lainnya.

Kabag Humas dan Protokol Sekda Kabupaten Sikka Verry Awales menuturkan, surat tersebut baru berupa usulan akan diteruskan kepada pemerintah pusat untuk dipertimbangkan dan diputuskan .

Sumber:Metrodunia.id

Editor: Agustinus Bobe,

Pewarta: athy meaq