Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Suasana di Pantai Air Cina Memberi Kepuasan Tiada Tara

Pesona pantai Air Cina. diabadikan Selasa (24/3/20)

KUPANG BARAT, FLOBAMORA-SPOT.COM – Pantai yang jauh di ujung barat pulau Timor ini memiliki keindahan yang menakjubkan. Pasir putihnya yang bersih, jernihnya air laut, dan asrinya lingkungan sekitar membuat pantai tersebut menjadi primadona bagi pengunjung yang ingin menyegarkan mata oleh pemandangan alam.

Namanya Pantai Air Cina, pantai yang berada di Desa Lifuleo, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang ini jaraknya dari pusat Kota Kupang kurang lebih 18 Km, dan setelah itu masih harus menempuh jarak 5 Km dari jalan utama untuk sampai di Pantai Air Cina. Jarak tersebut ditempuh dengan waktu 1 jam perjalanan. Para pengunjung tidak perlu berjalan kaki, karena jalan sudah dapat dilewati kendaraan pribadi maupun sewaan, karena belum ada transportasi umum yang melewati tempat tersebut.

 

Pemandangan Sekitar Pantai Air Cina

Kawasan wisata yang dikelola pemerintah desa Lifuleo ini menjadi daya tarik bagi pengunjung karena mercusuar dipantai ini. mercusuar tersebut dibangun karena di perairan sekitar Pantai Air Cina banyak terdapat batu karang yang dapat membahayakan bagi jalur pelayaran maupun bagi para nelayan yang sedang melaut. Karang yang ada disini bukan hanya ada pada perairan saja, namun juga banyak terdapat di sepanjang garis Pantai Air Cina . Bahkan jika kita berada di pantai maka kitak bisa melihat banyak karang yang menyembul dari hamparan pasir yang ada di pantai ini.

Penduduk sekitar Pantai Air Cina bekerja sebagai nelayan dan pembudidaya rumput laut. Perairan ini cukup terkenal dengan ikannya yang besar-besar, dan pantainya masih terbilang bersih.

Selain berwisata, para pengunjung dapat melihat langsung budidaya rumput laut. Selain itu penduduk setempat mengembangkan kawasan wisata bahari ini menjadi ekowisata yang dapat membantu perekonomian penduduk setempat.

Beberapa fasilitas penunjang kawasan wisata ini yaitu, lopo/gazebo 8 unit, kamar mandi/toilet 4 bilik, kios 5 buah, fasilitas air bersih sehingga pengunjung dapat membersihkan badan di kamar mandi umum setelah berenang di laut, bak sampah, jalan setapak (rabat beton, menghubungkan setiap lopo/gazebo), perahu/sampan 2 unit, bagi para penyelam tersedia alat snorkeling berjumlah 10 unit sehingga pengunjung merasakan sensasi menyelam di jernihnya laut pantai air cina. Bagi pengunjung yang suka mengabadikan momen di bawah air tersedia kamera underwater.

Bagi Anda yang menginginkan suasana yang jauh dari kebisingan kota, pemandangan yang menakjubkan, fasilitas yang lumayan lengkap maka berwisata ke Pantai Air Cina sangatlah cocok, karena Pantai Air Cina memberi kepuasan tiada tara. (jk)

  • Bagikan