Dandim 1604/Kupang dan  Stakeholder Siapkan Semau Jadi Tujuan Wisata Dunia

  • Bagikan

SEMAU, FLOBAMORA-SPOT.COM – Komandan Kodim (Dandim) 1604/Kupang Kolonel Arh I Made Kusuma Dhyana Graha, S.I.P Sabtu (14/3/20) memberikan pembekalan dan sosialisasi kepada Kelompok Darwis “Amorat”. Kegiatan ini merujpakan upaya menyiapkan Semau sebagai tujuan Wisata dunia.

Dandim 1604 / Kupang Kol. I Made Kusuma Dhyana Graha, S.I.P bersama masyarakat Semau siapkan destinasi wisata di pulau itu jadi tujuan wisata dunia Sabtu (14/3/20).

Sosialisasi dihadiri oleh Kepala Desa Sefanya Patola dan Neli Sihombing, Agent Travel Sedona Holidays Kupang, Bertempat di desa Naekean, Kecamatan Semau Selatan, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menunjang pariwisata di desa Naekaen, Kecamatan Semau Selatan”, kata Kol. Made.

Bukan hanya di desa Naekaen, tetapi Dandim juga meninjau ke daerah-daerah sekitar Pulau Semau yang bisa dijadikan objek wisata seperti Pantai Naekean, Pulau Merah, Rumah adat Sonaf Helong Bungtilu Semau Selatan, Gua Kelelawar dan Pantai Liman.

“Saya menghimbau kepada masyarakat untuk merubah sedikit demi sedikit pola pikirnya untuk bisa jadi lebih baik. Pertama dari segi lingkungan yaitu kebersihan karena itu termasuk 2 kategori pariwisata yaitu aman dan nyaman. Kalau sudah tercipta aman dan nyaman orang dari luar pun pasti akan betah datang kesini. Bisa jadi yang datang bukan hanya dari kita sendiri, tapi banyak dari luar negeri. Biasakan juga 3 S (Senyum, Sapa, Salam)”, imbau dia.

Dandim menambahkan upaya membangun wisata tidak boleh merubah apa yang sudah ada di desa ini.

“Saya mengajak masyarakat untuk berubah ke arah yang lebih baik lagi. Mulailah dari diri kita sendiri, bukan dari orang lain. Mungkin saya di sini hanya bisa memberikan motivasi, Tapi itu kembali lagi kepada masyarakat Naekean. Dan mulai merubah diri kita sendiri dari sekarang, kalau bukan sekarang kapan lagi?” Ujarnya.

Obyek wisata harua bebas sampah

Kepala Desa Sefanya Patola mengatakan, ada banyak potensi yang bisa digali di Pulau Semau Sehingga ia mengharapkan masyarakat mulai sadar akan wisata. “Seperti Pantai Naekean, Pulau Merah, Rumah adat Sonaf Helong Bungtilu Semau Selatan, Gua Kelelawar dan Pantai Liman. Tapi karena beberapa faktor belum mendukung sehingga kami mengharapkan sosok seperti pak Dandim untuk bisa memberikan energi positive, motivasi dan dorongan lebih keras untuk membangun desa kami jauh lebih baik”, kata Sefanya.

Pada kesempatan yang sama Neli Sihombing menyampaikan pihak Agent Travel Sedona Holidays Kupang sudah siap untuk memasarkan, dan sekarang sudah dipasarkan di Travel Malaysia Mart.

“Biasa Labuan Bajo dan Sumba yang kita jual. Ke depan Semau juga kita jual. Siapkah kita untuk itu? Maka dari itu nanti kita akan membekali Pok Darwis apa itu homestay, dll. Selain keindahan dari pariwisata kita juga harus mempunyai keunikan. Mungkin bagi masyarakat biasa tapi orang lain bisa jadi luar biasa. Ada 2 faktor yang menentukan yaitu SDA dan SDM. Kalau SDM bisa mengelola SDA, itu bisa menghasilkan keuntungan bagi SDM. Jadi bagaimana kita membentuk SDM itu mengelola SDA sehingga bisa mnghasilkan sesuatu”, pungkasnya. (Pendim1604/Kupang)

  • Bagikan