Pantai Tablolong Tidak Terawat

0 250

TABLOLONG, FLOBAMORA-SPOT.COM  – Pantai tablolong tak seindah dulu. Kini pantai tersebut tak menampakkan wajahnya yang cantik. Fasilitas yang sejak puluhan tahun lalu di sana sudah tidak dapat dimanfaatkan dengan baik. Pantai yang berjarak 25 KM dari pusat kota Kupang, tepatnya di Desa Tablolong, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang memiliki 9 lopo, 2 gazebo, dan 1 arena bermain yang kondisinya sudah rusak.

dua bh kamar mandi di pantai Tablolong tidak berfungsi lagi. Inilah aset Pemerintah yang tidak dijaga.

Dulu kondisinya terjaga dan terawat, sehingga mampu memanjakan mata. Sekarang, tempat tersebut tertutup dengan rumput dan sarana pendukung untuk pengunjung sudah rusak. Seorang pengunjung mengatakan pemerintah tidak peduli lagi dengan tempat wisata ini.

“Akibat dari kurang perhatian pemerintah dalam hal ini dinas pariwisata kabupaten Kupang, maka tempat yang dulu enak dipandang mata, sekarang terbengkalai”, katanya.

inilah kondisi Gasebo di Pantai Tablolong

Dari pantauan Flobamora-Spot.com pada Minggu (8/3), dari ke-9 lopo tersebut hanya satu yang layak untuk dipakai, selain itu tidak layak sama sekali karena bangku yang ada di lopo tersebut sudah hancur, atap loponya sudah tidak ada, dan ada lopo yang tumbang.

Gazebo yang terdapat di tempat itu juga terlihat memprihatinkan. Banyak coretan yang mengotori tembok gazebo tersebut, selain itu salah satu gazebo atapnya sudah rusak. Dan pasir putihnya terlihat banyak sampah.

Arena permainan dan kamar mandi di kawasan itu juga sangat tidak diperhatikan. Diharapkan pemerintah dalam hal ini dinas pariwisata kabupaten kupang bisa melihat dan mau memperbaiki  fasilitas dikawasan wisata yang pernah menjadi surga untuk para pemancing. Selain itu warga dan kita bersama dapat menjaga kebersihan ketika berkunjung ke tempat tersebut.

Kondisi Pantai Tablolong yang dipenuhi sampah

Kepala Bidang Destinasi Destinasi dinas Pariwisata Kabupaten Kupang Sius Kopung yang dihubungi Senin (9/3/20) malam mengatakan, Dinas Pariwisata tidak tau menau tentang Pantai Tablolong.

“Dinas hanya urus pintu masuk (karcis -red)”, kata Pria Lamaholot ini.

Ia mengatakan, di area Pantai Tablolong ada beberapa titik usaha masyarakat. “Di dalam tu usaha masyarakat ada beberapa orang, kk”, tulisnya lewat Aplikasi WhatsApp seperti yang diterima media ini semalam. (jk)