Pesona Taman Ina Bo’i

0 368

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM  – Taman Ina Bo’I yang berada di Kelurahan, Kelapa Lima, Kota Kupang memberi pesona kepada setiap orang yang melintas baik di jalan Timor Raya maupun Jalan R.A kartini. Ketika lewat mata kita akan dimanjakan dengan kerlap-kerlip lampu yang berwarna-warni pada sore dan malam hari yang menyinari ornamen patung sasando (alat musik tradisional dari Pulau Rote) berukuran besar dengan tinggi 6 meter sementara patung Ina Bo’I yang sedang memainkan patung Sasando berukuran kecil dengan tinggi 2 meter, beserta enam patung penari wanita yang mengapiti monumen tersebut.

Lampu Hijau salah satu warna dari kerlap kerlip lampu di taman Ina Bo’i. Diabadikan Selasa malam (3/3/20).

Ina Boi yang dalam bahasa Rote berarti ibu tersayang ini dibuat pertama kali oleh Alm. Chris Ngefak, berbahan dasar semen, pasir dan beton. Dan pada tahun 2019 diganti dengan kuningan, menelan biaya hingga Rp 900 juta, dikerjakan oleh seniman asal Yogyakarta, Amboro Lireng. Dia  adalah seniman yang mencetak tapak tangan dan kaki para mantan Presiden dan Presiden RI sekarang, Joko Widodo.

Menurut Tian salah seorang pengunjung, Taman Ina Bo’I merupakan salah satu tempat favorit untuk foto-foto selain spot foto yang lain yang berada di Kota Kupang.

“Tempatnya sangat menarik untuk ambil gambar lalu diupload ke media sosial. Selain tempat ini (Ina Bo’i) ada juga Taman Tirosa dan juga Patung Sonbai yang latarnya menarik”, ujarnya.

Pemerintah Kota Kupang telah merevitalisasi enam taman yang merupakan aktualisasi visi Pemkot Kupang, yakni Terwujudnya Kota Kupang yang layak Huni, Cerdas, Mandiri dan Sejahtera dengan Tatakelola Bebas KKN. Oleh karena itu pemerintah Kota Kupang ingin menjadikan Kota Kupang kota yang modern, indah, menarik dan nyaman, tidak hanya bagi masyarakat Kota Kupang, tetapi siapapun yang datang berkunjung. (jk)