Taimenas: “Usulkan Yang Menjadi Prioritas, Bukan Keinginan”

0 375

SEMAU, FLOBAMORA-SPOT.COM – “Saya ajak semua pihak melayani rakyat dengan hati. saya ingat betul pesan Gubernur NTT, Victor B.Laiskodat yang menitipkan pulau Semau kepada Bupati dan Wakil Bupati Kupang bersama DPRD Kabupaten Kupang. Oleh Sebab itu saya menginginkan dinas-dinas teknis untuk terus berinovasi dan bersama masyarakat poles pulau Semau menjadi lebih baik, maju desanya, mandiri dan sejahtera masyarakatnya, salah satunya lewat pengembangan potensi di desa guna mendongkrak kehidupan masyarakat. Saya minta perhatikan usulan yang menjadi skala prioritas yang benar-benar kebutuhan, bukan keinginan”.

Demikian ditegaskan Ketua DPRD Kabupaten Kupang Daniel Taimenas dalam arahannya pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), di Gedung Gereja Ebenhaeser Ingutomo Desa Uitiuhana, Kecamatan Semau Selatan Jumad 28 Februari 2020.

Kepala BP4D Kab.Kupang,Marthen Rahakbauw sedang menyampaikan sambutannya pada Musrenbangcam Semau Selatan Jumat (28/2)

Hal serupa disampaikan Kepala BP4D Kab.Kupang,Marthen Rahakbauw. “Kunci utama keberhasilan pembangunan adalah seperti yg dikatakan Ketua DPRD Kabupaten Kupang yakni layani dengan hati,tepat sasaran dan bermanfaat. Adanya kerjasama yang baik mulai dari pemerintah Pusat hingga ke tingkat terendah Pemerintah Desa”, katanya.

Dia mengkui, melihat,merasakan sekaligus ikut menikmati hasil pertanian dan perkebunan yang dibanggakan dari Kecamatan Semau selain pariwisata seperti semangka, mangga, bawang, kacang dan juga rumput laut yang berikan manfaat besar bagi peningkatan taraf hidup jadi lebih baik.

“Saya minta masyarakat Semau untuk memanfaatkan BUMdes”, imbaunya.

Menurutnya kebijakan strategi harus dirubah, tepat sasaran dan manfaatnya untuk banyak orang. Selain itu yang menjadi perhatian bersama adalah masalah kemiskinan dan stunting. “Lakukan upaya percepatan dalam peningkatan perekonomian khususnya di Semau Selatan dengan menjalankan program 5P oleh Bupati dan Wakil Bupati Kupang yaitu revolusioner di bidang Pertanian,perkebunan,peternakan, perikanan dan pariwisata”, jelasnya.

Persoalan lainnya kata dia yakni,  masalah angkutan pedesaan di Semau, pelayanan listrik 24 jam, rumah layak huni sesuai target 10 rumah yang direhab dan harus tepat sasaran, Kemitraan, bukan dengan pemerintah saja melainkan dgn LSM. “Masukan LSM untuk Pulau Semau sebagai Pulau organik akan menjadi tugas kita bersama untuk bisa untuk mewujudkannya”, ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas PMD Kabupaten.Kupang Charles Panie menyampaikan bahwa konsep dana desa di tahun 2020 berbeda dari tahun sebelumnya yakni membuat Kewenangan Desa.

“Turunan dari Kewenangan Desa harus buat Perdes yang isinya 2 hal utama yakni asal usul desa dan potensi lokal di desa”, kata dia.

Ditekankannya,kalau tidak ada Kewenangan Desa, dana desa tidak bisa dimanfaatkan.Setiap tahun sesuai instruksi presiden Jokowi.

“Saya ingatkan setiap desa harus ada peningkatan dari desa sangat tertinggal, tertinggal sampai mandiri. Selain itu dana desa di tahun 2020 ada perubahan mekanisme, dana desa tidak masuk lagi ke kas daerah tapi melalui KPPN dan pencairannya juga bertahap serta pemanfaatannya harus tepat sasaran”, ia mengingatkan.

Menutupi Musrenbangcam ini,Camat Semau Selatan,Gasper Ndolu mengajak masyarakatnya pertahankan dan munculkan ke permukaan di tingkat musrenbang kabupaten apa yang sudah tertulis, tertuang dan terjawab.

Acara ini ditandai penyerahan dokumen usulan prioritas Kecamatan Semau Selatan oleh Camat ke Kepala BP4D Kaupaten .Kupang, disaksikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Kupang.

Ketua DPRD Kab.Kupang,Daniel Taimenas didampingi anggota DPRD Kabupaten Kpg Dapil IV, Para Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Kupang, Kapolsek Semau, Danpos Koramil 1604-10 Batakte, LSM, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, para Kepala Desa bersama Delegasi Musrenbang,dan undangan lainnya. (Humas/Sintus)