Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Gubernur NTT Minta Pemkab Kupang Dorong Pariwisata

Gubernur NTT VBL diapit Bupati Kupang Korinus Masneno (kiri) dan Wabup jerry Manafe (kanan) saat Raker di Lelogama Jumat (14/2)

 

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat kembali menggelar rapat kerja dari kabupaten ke kabupaten. Perjalanan dimulai dari Daratan Timor dan akan berlanjut ke kabupaten lainnya pada minggu-minggu depan. Di daratan Timor Gubernur memulai perjalannya dari Malaka dan berakhir di Kabupaten Kupang pada Sabtu (15/2).

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dalam Rapat kerkja (Raker) bersama Bupati Kupang dan jajarannya di Lelogama Jumat, (14/2) menegaskan perlunya Pemerintah Kabupaten Kupang mendorong Program Pariwisata di daerah ini untuk mempercepat NTT keluar dari keterbatasan dan bangkit menuju sejahtera di bawah kepemimpinannya.

“Beberapa gebrakan yang akan dilakukan ialah pengembangan potensi pariwisata di NTT. Khusus di Kabupaten Kupang, saya nilai sangat memikat memiliki potensi yang baik untuk dikembangkan. Pariwisata memegang peranan besar dalam rangka menumbuhkan perekonomian masyarakat dan menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi masyarakat”, Kata Laiskodat.

Orang Nomor satu di NTT tersebut berharap ada pusat-pusat Pariwisata yang dikembangkan di Kabupaten Kupang, terintegrasi dan direncanakan dengan baik.

“Kondisi Lelogama sangat potensial dikembangkan karena sejuk dan memiliki pemandangan indah namun perlu dilengkapi dengan berbagai fasilitas diantaranya home stay, serta fasilitas pendukung lainnya”, ujarnya.

Meski mendorong Program Pariwisata namun Ia mengakui ada persoalan serius yang perlu diselesaikan diantaranya masih tingginya angka stunting di NTT khususnya di 3 Kabupaten yakni Kabupaten TTU, TTS dan Kabupaten Kupang yang perlu ditangani serius.

“Saya tidak main-main terhadap penanganan stunting di NTT. Kita harus serius menurunkan angka stunting ini dan membangun generasi masa depan yang berkualitas,” ungkap Viktor.

Dia menjelaskan, dengan tingginya angka penderita stunting, berarti semakin tinggi generasi NTT ke depan yang lemah sehingga perlu ditangani secara serius dan sungguh-sungguh.

“Kepada semua pihak saya ajak untuk membangun SDM NTT yang terbaik dan menjadi generasi emas dengan menanggulangi stunting, salah satu cara dengan memperhatikan kebutuhan gizi balita dan anak dengan memberikan makanan yang bergizi”, katanya.

Dengan tegas orang nomor satu di NTT tersebut mengajak masyarakat menanam Kelor yang memiliki nilai gizi tinggi dan dapat diberikan kepada ibu hamil, balita sehingga mencukupi gizinya.

“Saya instruksikan untuk tiap KK menanam 5 pohon di pekarangan dan saya harap di Kabupaten Kupang ada satu hamparan kebun kelor 1000 hektar,” Tukas Viktor.

Dirinya mengharapkan dukungan semua pihak diantaranya para kades, Tenaga kesehatan dan pendidik untuk dapat mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya memberikan gizi terbaik kepada anak.

Kepada Pemkab Kupang khususnya OPD terkait, dirinya mengharapkan terus membangun kolaborasi bersama dengan Pemprov NTT dalam melakukan upaya penurunan stunting.

Gubernur NTT VBL diapit Bupati Kupang Korinus Masneno (kiri) dan Wabup jerry Manafe (kanan) dan jajarannya saat Raker di Lelogama Jumat (14/2)

Bupati Kupang Korinus Masneno atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kupang ucapkan terima kasih atas kehadiran Gubernur NTT di Lelogama Kabupaten Kupang dalam rangka memberikan motivasi dan semangat kepada masyarakat untuk menggapai hidup yang lebih baik. Ia menjelaskan, kondisi  penduduk, saat ini masih terdapat 23 % penduduk di bawah garis kemiskinan sehingga lewat program Revolusi 5 P Pemkab Kupang membangun lewat potensi yang dimiliki masyarakat khususnya di bidang Pertanian, Peternakan, Perkebunan, Perikanan kelautan dan Pariwisata.

 

“Kondisi yang besar dalam 5 bidang ini terus digenjot dalam rangka mensejahterakan masyarakat Kabupaten Kupang, keluar dari keterbatasan yang ada khususnya persoalan stunting saat ini”, ujar Masneno.

Tak lupa orang nomor satu di Kabupaten Kupang tersebut mengucapkan terima kasih kepada Gubernur NTT atas dukungan infrastruktur jalan Takari Lelogama yang sejak Indonesia merdeka selalu saja sulit dilewati dan belum memadai.

“Saya berharap lewat pembukaan jalan ini dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kupang khususnya di wilayah Amfoang”, katanya.

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Melaksanakan Rapat Kerjanya di Kabupaten Kupang tepatnya di Lelogama Kecamatan Amfoang Selatan, Jumat (14/2/2020) yang dihadiri oleh Para Camat, Kepala Desa, Tenaga Kesehatan dan Tenaga Pendidikan Se- Kabupaten Kupang, Wabup Jerry Manafe, Ketua DPRD Kab. Kupang Daniel Taemenas, Kajari Oelamasi Sherly Manutede, Kapolres Kupang AKBP Aldinan RJH. Manurung, Sekda Obet Laha, Anggota DPRD dan Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Kupang. (Beny/ sintus).

 

 

  • Bagikan