Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Ada Apa Di Sini ?

Taman Tirosa Kupang dulu dicibir kini jadi favorit

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Ada apa di sini ? Inilah Pertanya yang muncul dari teman seperjalanan saya dari Malaka pada Sabtu malam pekan Silam. Iya, Sabtu malam lalu saya dan keluarga dan seorang pendoa mengadakan, sebuah perjalanan dari Kupang ke Malaka pada pagi hari dan kembali pada pukul 17.00 sehingga tiba di Kupang sekitar 22.30 Wita.

Ada apa di Bundaran TIROSA ? pertanyaan ini spontan terucap dari bibir sang Pendoa ketika memasuki bundaran TIROSA.

“Waoow, banyak sekali orang di sini. Ada apa ini”, ucap Sentis Peristiwa sang pendoa yang duduk di samping saya.

Kami kaget dengan pemandangan di Bundaran TIROSA. Hampir seluruh badan jalan digunakan untuk parkir kendaraan baik roda dua maupun empat. Sementara di trotoar dan di kaki patung Tirosa duduk keliling  ribuan orang yang menikmati suasana malam Minggu.

“Mungkin karena terang jadi orang menikmati suasana ini”, tambah pria asal manggarai, Pendoa yang dituntun malaikat Michael itu.

Taman Tirosa Kota Kupang.

Harus diakui, Kepemimpinan Walikota Dr. jefri Riwu Kore telah membawa dampak luar biasa bagi Kota ini. Bayangkan saja saat ini ada 6 taman baru yang dibangun (Taman Patung Ina Bo’i di Jalan Ina Bo’i, Taman Adipura di Jalan Adisucipto, Taman Patung Kasih di perempatan Jalan Piet Tallo dan Jalan Herman Johannes, Taman Patung Sonba’i di Jalan Urip Sumohardjo, Taman Tagepe di Jalan Sam ratulangi dan Alun-alun Kota di Jalan Timor Raya dan Jalan Ina Bo’i.), belum lagi Pembangunan Koridor 5.

“Kota Kupang sudah terang sekali. Tiap tahun ribuan mata lampu disiapkan Pemerintah”, kataku.

Walikota Kupang Dr. jefri Riwu Kore mengatakan, tahun ini pihaknya telah menyiapkan anggaran untuk 2. 000 lampu dari APBD.

“Permintaan Lampu jalan ke Pusat karena kita teman banyak disetujui juga. Kebutuhan lampu di jalan utama sekitar 1. 815 titik lampu. Jadi saya minta staf usulkan 2000. Saya bilang mereka di kementrian suka potong jadi kita minta 4000 lampu. Kita kirim ke Kementrian dan DPR. Kita anggap sudah hilang tau-taunya minggu lalu saya ditelpon we pak Wali dapat lampu banyak sekali ya. Saya bilang lampu apa. Itu di kementrian dapat 4.000. ESDM ada lelang itu. Jadi kita dapat 4.000 lampu artinya tahun ini sampai gang-gang ini di Oeleta sudah menyala. Itu kita Modal minta saja tapi kita harus kenal orang juga kalo tidak di kotak Sampah memang. Kita sendiri (APBD) 2.000 lampu. Jadi ada 6.000 lampu tahun ini”, ujar Jefri.

Selain penerangan jalan, Pemerintah juga akan membangun 6 taman baru. Pertama di depan Aston. Sekitar RP 50 Milyar bukan kita punya uang. Kemudian di depan Terminal 37 Milyar, Koridor 3 depan Konsulado 19 Milyar. Untuk jogging track kemudia taman Nostalgia, Seblah barat akan diabngun taman Perdamaian dan bagian Timur akan dibangun taman Revolusi Mental dan nanti satu taman di depan kantor Camat kelapa Lima Taman tagantung namanya. Desainya sudah final semua.

“Yang jelas ada taman baru yang lebih prestisius dari taman Tirosa. Malam Minggu di Taman Tirosa itu dipadati banyak orang. Kita akan bangun satu Taman jauh lebih bagus. Anggaran dari pusat bukan APBD”, pungkasnya.

 

  • Bagikan