Piter: “Bangun Pariwisata Itu Bukan Hanya Obyek Tapi Harus Kawasan Wisata”

  • Bagikan
Inilah keindahan pantai teres Buraen, Kabupaten Kupang

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Pemerintah Kabupaten Kupang tahun 2020 ini mulai konsern dengan program Revolusi 5P (Pertanian, Peternakan, Perkebunann, Perikananan Kelautan dan Pariwisata).

Kadis Pariwisata Kabupaten Kupang Piter Charles Sabaneno, ketika ditemui Wartawan di Ruang Kerjanya mengatakan, ia pernah bincang-bincang ringan dengan Bupati Kupang dan berharap Program Pariwisata bukan hanya membangun obyek wisata tetapi Kawasan Pariwisata.
“5P itu harus ada di dalam kawasan wisata. Berada di pantai wisata itu. Perikananan harus air tawar dan air laut, masing-masing program ada di sana”, ujar Piter kepada Wartawan Rabu, (29/1) di Oelamasi.

Menurut dia, wisata pantai tidak bisa hanya mengandalkan view pantainya karena di mana-mana ada pantai, sehingg sekali datang orang pergi dan tidak akan datang lagi.
“Sekali-sekali ada lomba ternak sapi, ada pemancingan air tawar jadi trend itu berputar terus walaupun dengan peralatan yang seadanya. Katong mau buat Water boom. Memang mahal tapi harus terpikirkan untuk ke depan, harus waaw”, katanya.

Menurut dia, pihaknya memiliki mimpi luar biasa namun terkendala pada dana.

“Sesuai RPJMD pak Bupati yang ada di BAPPEDA rp. 20 juta. Itu baru bisa katong siapkan segala sesuatu di sebuah daerah destinasi wisata”, ujar Putra Timor yang tidak tau bahasa Daerah itu.

Membangun kawasan pariwisata kata dia, harus didahului pelepasan hak tanah sehingga tidak terjadi masalah di kemudian hari.

“Jangan sampai katong sudah investasi Milyaran rupiah, anak dari Jakarta datang tidak mau tau. Pokoknya saya mau ambil kembali tanah, urusan dengan orangtua dulu itu b sonde tau, sementara milyaran sudah kita po’a di situ. Saat kita masih berkuasa orang diam, takut, setelah kita turun orang mulai gugat”, ujarnya.

Kabid Destinasi Dinas Pariwisata kabupaten Kupang Sius Kopung mengatakan, tahun ini Pemerintah fokus ke obyek wisatq Pantai Teres di Buraen.

“Nah rencana kita fokus pembangunan Pariwisata ke Pantai Teres. Memang bukan baru tahun ini kita renanakan tetapi kita sudah masuk dalam rencana kawasan pariwisata. Kita sudah punya Master plan dari tahun 2013. Kita sabgat bersyukur di dalam 5P itu pantai Teres dimasukkan sebagai destinasi yang akan dibangun pada tahun pertama kepemimpinan Bupati Kupang Korinus Masneno dan Wabup Jerry Manafe”, urai Kopung.

Menurut dia, membangun pantai Teres harus dilakukan secara utuh oleh seluruh stakeholder seperti masyarakat, pihak pemerintah dan pengusaha.

Lantas berapa duit yang dialokasikan dari APBD Kabupaten Kupang ?
“Kita dapat dana 1 Milar tahun ini untuk pembenaham area parkir, MCK dan aula. Tahun ini juga ada infrastruktur jalan ya kita harapkan juga dinas-dinas lain. Infokom mungkin dia bisa bangun internet di situ”, ujarnya.
Ia mengatakan ending dari seluruh upaya pemerintah adalah bagaimana ekonomi masyarakat tumbuh.

“Juga pada peningkatan pendapatan asli daerah”, kata pria asal Alor ini.

Pada akhir bincang-bincang dengan Wartawan Sius mengatakan ke depan pihaknya akan membangun beberapa lopo untuk kepentingan Pengunjung.

“Bangunan apapun di lokasi wisata itu harus berkarakteristik lokal khas orang Timor”, pungkasnya.

  • Bagikan