Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

11 Tempat Wisata di Kota dan Kabupaten Kupang, yang patut Dikunjungi

Pantai Lahilai Bisi Kopan atau biasa dikenal Pantai Tedy's Kota Kupang.

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Kota Kupang dan Kabupaten Kupang menyimpan banyak pesona tempat wisata, Khususnya bagi pengunjung yang memiliki ketertarikan dengan wisata Laut dan pantai. Selain itu ada juga beberapa air terjun yang fenomenal dengan bentuknya yang unik berjenjang di Kabupaten Kupang yang bisa dikunjungi. Bisa anda belum mendapat Informasi lengkap tentang berbagai Obyek wisata di Kota dan Kabupaten Kupang, tulisan ini menjadi informasi awal untuk anda.

Sekilas tentang  Kupang

Kota Kupang adalah sebuah kotamadya di Nusa Tenggara Timur. Kota yang terbesar di Pulau Timor yang terletak di pesisir Teluk Kupang, bagian barat laut pulau Timor. Suku yang signifikan jumlahnya di “Kota Kupang” adalah suku Timor, Rote, Sabu, Tionghoa, Flores, Belu, Malaka dan sebagian kecil pendatang dari Bugis dan Jawa.

Tari Perang dan berbagai tarian budaya lainnya merupakan tarian khas Kupang. Tari ini menunjukkan sifat-sifat keperkasaan dan kepandaian mempermainkan senjata. Senjata yag dipakai berupa cambuk dan perisai.

Kota Kupang memiliki iklim yang tropis, dan terdapat curah hujan sepanjang tahun di Kupang. Bahkan di bulan kering masih banyak curah hujan. Bahasa daerah Kupang adalah bahasa melayu pasar, yang biasa digunakan di wilayah kota Kupang, Kabupaten Kupang dan sekitarnya.

Semua penerbangan pesawat akan mendarat di Bandara El Tari (KOE). Ada banyak pilihan maskapai yang melayani penerbangan ke Kupang. Untuk yang menggunakan jalur laut, semua perjalanan ke Kupang dengan menggunakan kapal laut akan berlabuh di Pelabuhan Tenau Kupang.

11 Tempat Wisata Kupang

1.     Pantai Lasiana

Pantai Lasiana. Pantai ini dikelola Dinas Pariwisata Provinsi NTT. selalu ramai dikunjungi warga Kota dan Kabupaten Kupang setiap hari Libur.

Pantai Lasiana ramai di kunjungi para wisatawan dan wisatawan asing. Pantai tempat wisata Kupang ini akan dijadikan sebagai tempat taman budaya Flobamora. Flobamora ialah sebutan yang mengacu pada keseluruhan suku bangsa di erat Pantai Lasiana yaitu Flores, Sumba, Timor dan Alor.

Di Pantai Lasiana banyak di jumpai Lopo-lopo bangunan khas timor yang beratap alang-alang atau ilalang. di Pantai Lasiana anda cocok untuk melaksanakan aneka macam acara seperti memancing, berenang, berselancar, bermain sepak bola, karaoke dan berjemur.

Pantai ini mempunyai luas sekitar 3,5 hektar. Pada bagian barat pantai terlihat daratan yang membentuk bukit kecil. Bukit kecil ini menjadi latar belakang yang menambah keindahan Pantai Lasiana. Di atas lahan pantai ini ditumbuhi banyak pohon kelapa dan juga flora lontar.

Bila datang di pantai tempat wisata Kupang ini, pengunjung bisa menyaksikan di sepanjang pinggir pantai banyak terdapat pohon tinggi yang makin mempercantik pemandangan Pantai Lasiana. Keindahan lainnya yang terdapat di Pantai Lasiana ini ialah bisa melihat Sunrise dan sunset.

Lokasi: Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kupang Tengah, Kupang, NTT
Tiket: 5.000
Jam Buka:  24 Jam

2.     Pantai Batu Nona Kupang

Pantai Batu Nona Kota Kupang

Pantai Batu Nona adalah salah satu pantai yang menjadi salah satu pilihan warga Kota Kupang untuk menghilangkan kepenatan. Pantai ini sangat indah dengan hamparan pasir putih nan halus dan batu karang menghiasi bibir pantai.

Pada salah satu bagian pantai indah tempat wisata Kupang ini terdapat banyak pohon Lontar yang menambah keindahan pantai ini. Di pantai ini setidaknya terdapat tiga tempat kolam renang sesuai dengan kemampuan berenang pengunjung.

Menurut cerita lokal, alasan penamaan pantai ini dengan batu nona, adalah dahulu ada seorang wanita melompat dari salah satu batu karang karena putus asa di putuskan pacarnya. Saat melompat si wanita berubah menjadi batu yang berada persis dipinggir pantai, sayangnya batu ini sudah terkikis ombak.

Di pantai ini sudah ada rumah makan. Di tempat wisata Kupang ini juga tersedia penginapan dengan harga terjangkau. Pantai ini juga menawarkan sunset yang indah. Untuk menikmati keindahan Pantai Batu Nona, disarankan datang ke lokasi saat sore hari. Selain cuaca yang teduh, juga dapat menikmati keindahan matahari tenggelam dari ufuk barat dari atas batu karang di pantai

Lokasi: Jalan Timor Raya Km 10, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, NTT
Tiket: 23.000
jam Buka: 08.00-23.00

3.     Pantai Nunsui

Pantai Nunsui Kota Kupang

Tempat wisata Kupang, Pantai Nunsui  adalah sebuah Pantai yang lokasinya berdekatan dengan dua obyek wisata pantai lainnya yaitu Pantai Laisana dan Pantai Manikin. Tidaklah sulit menemukan pantai Nunsui ini. Dari pusat kota Kupang hanya membutuhan waktu sekitar 20 menit .

Pada waktu menunggu sunset, para pengunjung bisa menikmati sejuknya udara di pantai sambil duduk-duduk di tanggul batu yang memang disediakan untuk memanjakan wisatawan. Sedangkan bagi yang hobi memancing, tanggul ini sering dijadikan tempat untuk pemancing.

Di sepanjang pantai tempat wisata Kupang ini pengunjung juga bisa melihat aktivitas penduduk kota Kupang yang sedang menikmati pantai ini. Ada yang  sedang bermain bola, mencari ikan pada waktu air laut surut atau pun datang ke pantai ini hanya untuk bermain.

Apabila sudah lelah bermain, berenang dan menikmati keindahan Pantai Nunsui pengunjung bisa berjemur sambil menikmati jajanan yang ditawarkan pedagang yang berada di sekitar pantai. Makanan itu berupa  seperti  jagung bakar, pisang epe ataupun menikmati segarnya es kelapa muda.

Lokasi: Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, NTT
Tiket: 5.000
jam Buka: 24 jam

4.     Air Terjun Oenesu

 

Ait terjun Oenesu

Banyak yang beranggapan juga kalau Air Terjun Oenesu merupakan tempat wisata Kupang paling favorit. Air terjun ini yang dikelilingi oleh rerimbunan berbagai jenis pohon menjadi pilihan cocok untuk menghalau rasa gerah dengan panasnya cuaca Kota Kupang pada musim kemarau.

Keunikan dari air terjun tempat wisata kupang ini ialah dengan adanya sebuah tingkatan. Ini membedakan dengan air terjun lainnya yang ada di Indonesia. Dari setiap tingkatan atau lapisan yang ada, terdapat kolam-kolam yang terbentuk secara alamiah.

Air yang mengalir di dalam kawasan wisata alam ini pun banyak mengandung kapur. Saat musim hujan, volume air yang ada di Air Terjun Oenesu sendiri sangat berlimpah. Walaupun begitu, kondisi air yang ada di kawasan ini pun tetap jernih.

Dengan keindahan alamnya yang dimiliki, orang yang memilki hobi fotgrafi tentunya mampu memanfaatkan kondisi alam yang ada di air terjun tempat wisata kupang ini untuk mendapatkan hasil gambar yang memuaskan.

Banyak spot-spot indah yang memiliki karakteristik alam yang cukup mengesankan apabila lo bisa menemkan momen-momen tersebut.

Lokasi: Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, NTT
tiket: 2.000
Jam Buka: 24 Jam

5.     Air Terjun Tesbatan

air terjun tesbatan

Destinasi wisata kebanggaan masyarakat Amarasi ini memiliki ketinggian sekitar tujuh meter. Air segar mengalir turun melalui bebatuan tinggi, ciptakan pemandangan menakjubkan. Semilir angin di sekitar sini bakal menyentuh lembut Teman Traveler.

Pengunjung tempat wisata Kupang berupa Air terjun ini bisa menikmati kolam pemandian alami nan indah di sini. Aliran air terjun berkumpul hingga membentuk kolam yang cukup dalam, sekitar satu setengah meter.

Soal kebersihan dan kejernihan, destinasi tempat wisata Kupang ini benar-benar tak perlu diragukan. Lokasinya berada di tengah hutan, dengan sumber air berasal dari pegunungan sehingga terlihat sangat jernih. Ketika terkena pantulan sinar matahari, warnanya terlihat hijau kebiruan.

Lokasi air terjun ini sangat strategis karena dikelilingi pepohonan rindang. Hal ini membuat suasana sekitarnya terasa makin asri dan sejuk. Teman Traveler bisa bermain air sepuasnya sambil ditemani kicauan burung, tanpa perlu khawatir bakal terganggu teriknya sinar matahari.

Lokasi: Kecamatan Amarasi, Kupang, NTT.
Tiket: 5.000
Jam BUka: 24 Jam

6.     Bukit Cinta

Bukit cinta di batas Kota dan Kabujpaten Kupang / Penfui.

Hamparan bukit dengan luas sekitar belasan hektar tersebut dinamakan Bukit Cinta. Penamaan ini karena tempat wisata Kupang ini sering dijadikan sebagai tempat memadu kasih para pemuda dan pemudi Kupang.

Setiap menjelang sore hari, bukit ini tak pernah terlihat sepi. Selalu saja dipenuhi oleh sekelompok anak muda yang terlihat memanfaatkan bukit ini sebagai area untuk sekedar berkumpul, bercengkerama dan berfoto-foto ria.

Bukit Cinta Kupang memberikan pesona keindahan tersendiri dengan hamparan padang rumputnya bak permadani yang berwarna hijau segar ketika musim penghujan tiba. Gundukan perbukitannya juga dapat dimanfaatkan sebagai trek jogging bagi yang ingin berolah raga santai di pagi/sore hari.

Lanksap di sekitar tempat wisata Kupang Bukit Cinta, sangat cantik apabila diabadikan oleh para pecinta fotografi. Terdapat gua-gua peninggalan masa perang yang konon katanya digunakan sebagai tempat persembunyian penjajah Jepang pada saat Perang Dunia ke-2. Gua tersebut juga terhubung langsung dengan salah satu gua yang berada di dekat Pantai Lasiana.

Lokasi: Jl. Prof. Dr. Herman Johanes, Penfui, Kupang Tengah, Kupang, Nusa Tenggara Tim.
tiket: –
jam Buka: 24 jam

7.     Taman Nostalgia

Taman Nostalgia terletak di jantung Kota Kupang. di sini Presiden SBY menempatkan sebuah Gong, namanya Gong Perdamai.

Taman Nostalgia memiliki luas area sekitar 500 m2. Taman tempat wisata Kupang ini dihiasi oleh pepohonan dan tanaman rindang di setiap sudutnya. Seperti tanaman Bunga Bougenvile dan Flamboyan, yang semakin menambah kesan sejuk dan asri di taman ini.

Taman Nostalgia Kupang awalnya dibangun  sebagai tempat untuk meletakkan Monumen Gong Perdamaian Nusantara (GPN) Kota Kupang.  Adanya monumen perdamaian tersebut, menjadi ciri khas tersendiri sebagai taman kota dan juga daya tarik bagi para wisatawan di luar Kota Kupang untuk mengunjungi Taman Nostalgia.

Tak hanya itu saja yang unik, di taman kota ini juga terdapat Paguyuban Pedagang Kuliner Taman Nostalgia. Dimana terdapat belasan lapak kuliner yang buka dari sore hingga malam hari. Beragam makanan seperti bakso goreng, siomay, mie ayam dan jenis makanan lainnya pun tersedia di lapak kuliner tempat wisata kupang ini.

Keberadaan Taman Nasional ternyata juga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai area favorit untuk sekedar bertemu, berkumpul atau bercengkerama bersama. Terlebih lagi di sore hari, area taman pun terlihat ramai dikunjungi oleh para muda-mudi Kota Kupang yang menghabiskan waktu sambil berfoto-foto ria dan juga berwisata kuliner di sekitar area taman.

Lokasi: Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, NTT
Tiket:-
Jam Buka: 24 jam

8.     Taman Rekreasi Gua Monyet

Gua Monyet di pinggir Pantai menuju Pelabuhan tenau Kupang.

Taman wisata gua monyet ini merupakan satu dari taman wisata dengan keunikan hewan monyet yang cukup jinak. Monyet-monyet yang berkeliaran di kawasan tempat wisata Kupang Gua Monyet merupakan pemandangan keseharian bagi pengguna jalan menuju Pelabuhan Tenau-Kupang.

Perilaku monyet-monyet di kawasan tempat wisata kupang ini menjadi daya tarik tersendiri. Perilaku monyet yang saling berkejaran, bergelantungan dan melompat dari dahan ke dahan, saling bercengkrama dan berguling, berkelahi memperebutkan sesuatu, adalah pemandangan yang unik dan lucu.

Tidak heran bila perilaku monyet-monyet ini membuat pengendara sepeda motor atau mobil pribadi yang kebetulan melintas, berjalan perlahan atau berhenti sejenak untuk melihat perilaku hewan primata ini. Beberapa induk monyet itu setia menggendong bayi mereka.

Menurut pejaga tempat wisata Kupang ini, jumlah monyet yang ada dalam kawasan ini sebanyak 327 ekor. Mereka terbagi dalam empat kelompok. Kelompok terbanyak berjumlah sekitar 180 ekor, sementara kelompok terkecil hanya sekitar 40 ekor saja.

Lokasi: Kelapa Satu, Kelurahan Alak, Kota Kupang (dekat Pelabuhan Tenau) Alak, Kota Kupang, NTT
Tiket: 2.000
jam Buka: 08.00-18.00

9.     Pantai Ketapang Satu

Pantai Ketapang Satu Kota Kupang. Pohon Ketapangnya sudah tiada.

Selain memiliki keindahan alam berupa pemandangan sunset yang langka, Pantai Ketapang Satu tempat wisata kupang ini juga memiliki daya tarik lain. Tempat ini menjadi tempat yang asyik untuk menghabiskan waktu bersama rekan-rekan setelah seharian beraktivitas.

Banyak anak muda yang menghabiskan waktu sorenya di tempat ini bersama temannya karena memang tempat ini identik dengan tongkrongan kawula muda. Pantai Ketapang Satu menjadi salah satu tempat romantis bagi pasangan muda-mudi yang juga mengharapkan pemandangan matahari terbenam.

Pantai tempat wisata kupang ini dinamakan sebagai Ketapang karena tepat di tengah karang yang ada di lokasi pantai ini terdapat pohon Ketapang yang biasanya dimanfaatkan sebagai tempat berteduh. Pohon ini cukup rindang dan mampu melindungi pengunjung yang kepanasan saat terik matahari datang.

Selain itu, pihak pemerintah juga membangun tempat duduk dari tembok serta rumah kecil. Pengunjung dapat menikmati waktu bersantai dengan duduk di kursi yang disediakan. Pemandangan pantai yang indah ditambah sejuknya angin sepoi-sepoi yang menemani seakan membuat hati merasa tentram dan akan betah berlama-lama menghabiskan waktu di pantai NTT yang satu ini.

Lokasi: Jl. Sumatera, Todekisar, Kec. Kota Lama, Kota Kupang, Nusa Tenggara Tim.
tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

10. Gua Kristal

Gua Kristal Bolok Kecamatan Kupang barat Desa Bolok.

Dari muka depan, sebuah lubang selebar 2 x 1 meter menganga. Hanya sedikit matahari yang bisa menerobos masuk sampai di dalam. Pengunjung perlu berjalan menelusuri gua untuk bisa sampai di bibir mata air tempat wisata Kupang ini.

Danau di dalam gua memiliki air yang sejuk, tidak seperti air-air di dalam gua yang biasanya memiliki air dingin. Memiliki air sedikit asin karena tidak jauh dari sini terdapat pantai. Selain warna biru atau hijaunya keluar dan dasar air terlihat, saking beningnya juga bisa mendapatkan efek kristal pada air.

Itulah kenapa gua ini diberi nama Gua Kristal. Tapi ada juga sumber yang menyebutkan, dulunya stalagtit dan stalagmit di gua ini bening-bening hingga nampak seperti kristal kalau kena cahaya. Tapi batu-batu tersebut sudah habis diambilin orang yang datang.

Kolam air di dalam gua yang memanjang dan masuk jauh ke belakang gua cukup dalam. Jadi hanya yang bisa berenang saja yang boleh nyemplung ya. Jangan sedih bagi yang nggak bisa berenang, bisa tetap turun hingga ke dasar gua karena di bagian kiri ada bebatuan yang cukup rata dan nggak digenangi air.

Lokasi: Bolok, Kupang Barat, Kupang, Nusa Tenggara Timur
tiket:5.000
Jam Buka: 08.00-18.00

11. Kupang Waterpark

Kupang Water Park terletak di Kelurahan Oebufu Kota Kupang dekat Flobamora Mall.

Kupang Waterpak merupakan tempat wisata Kupang yang berada di Kota Kupang. Taman bermain air ini memiliki luas mencapai 1 hektare. Ini menjadikan wisata air keluarga ini menjadi yang terluas di Kupang. Menginat Kupang memiliki cuaca yang panas, ekreasi air adalah pilihan yang sangat menyenangkan.

Taman rekreasi air Kupang Waterpark bukan hanya sekedar kolam renang melainkan juga bisa bermain air. Tempat wisata Kupang ini memiliki 22 wahana permainan, yang boleh dicoba untuk segala usia. Disini terdapat kolam renang arus di mana layaknya bermain air di sungai, kolam ini mampu menciptakan arus sepanjang 100 meter.

Pengunjung juga bisa mencoba papan seluncur sejauh 8 meter melingkar seperti spiral, istana balon, three racing slide dll. Sangatlah menyenangkan untuk membawa keluarga bermain di Kupang waterpark.

Lokasi: Oebufu, Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur
tiket: 40.000
Jam Buka: 09.00-18.30

Sumber : nativeindonesia.com

 

  • Bagikan