Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Tony Busu: “Kami Kelola Kebersihan Pantai Sulamanda Seperti Rumah Sakit”


Tony Busu, Kepala Unit Pariwisata Pantai Sulamanda Badan Usaha Milik Desa Ina Huk selalu setia menjaga Kebersihan pantai Sulamanda. Gambar diambil Sabtu (22/10).

MATA AIR, flobamora-spot.com – “Kami kelola kebersihan pantai Sulamanda seperti Rumah Sakit. Setiap hari Jam 5 kami datang sapu, siram area pantai sebelum wisatawan masuk”, kata Tony Busu Kepala Unit Pariwisata Pantai Sulamanda Badan Usaha Milik Desa Ina Huk kepada flobamora-spot.com Sabtu (12/10/2019).


Menurut dia, pantai Sulamanda ditumbuhi pepohonan sehingga sangat sejuk untuk berteduh di bawahnya.

“Kita harus menjaga suasana ini. Jangan sampai area pantai dipenuhi sampah dedaunan pohon. Belum lagi kalau duri pohon jatuh dan melukai pengunjung. Itu tidak boleh terjadi”, tegasnya.

“Juga setiap Minggu kita siram area ini dengan satu Tangki air sehingga ketika angin pasir tidak beterbangan mengenai pengunjung. Air di MCK selalu tersedia makanya kita tetapkan tarif 2.000 rupiah per sekali pakai. Untuk MCK itu 1 Minggu 1 tangki. Jadi 2 tangki kita pakqi di sini tiap minggu”, tambahnya.

Ia mengatakan, kebersihan menjadi salah satu faktor penting dalam menarik pengunjung ke Sulamanda.

“Faktor lainnya adalah keramahtamahan. Kita minta semua penjual di sini selalu senyum dengan wisatawan karena itu membuat pengunjung betah dan mau datang ke sini”, jelasnya.

Lebih jauh ia mengatakan, pihaknya sedang memperjuangkan 7 sapta pesona pariwisata di Pantai Sulamanda.

“Untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke suatu daerah, khususnya di Pantai Sulamanda sangat penting untuk menciptakan kondisi sapta pesona, yang terdiri dari tujuh unsur yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan”, ucap Tony.

Mengenai pengelolaan sampah plastik ia menjelaskan, “sampah plastik dimasak untuk buat pavin blok oleh Bumdes Ina Huk”, terang dia.

Wartawan desk Kabupaten Kupang sedang mengadakan pertemuan untuk memilih pengurus Komunitas Jurnalis Kabupaten Kupang (KONJAK)

Jumlah kunjungan.

Jumlah kunjungan ke pantai ini terus meningkat dari hari ke hari. Pantauan flobamoraspot hari ini Sabtu (12/10) pengunjung cukup padat. Ada instansi pemerintahan seperti dinas Perhubungan kabupaten Kupang yang datang untuk melakukan kegiatan di pantai itu.

“Ada juga dari instansi lain. Lihat saja ada belasan mobil yang ada di parkiran pantai ini”, ucap dia.

“Selain itu ada juga 20 Wartawan yang mengadakan pertemuan untuk memilih pengurus Komunitas Jurnalis Kabupaten Kupang (KONJAK)”, pungkasnya.

Untuk mencapai pantai Sulamanda anda bisa menggunakan jasa ojek Grab, mobil Grab, tadi gogo dan kendaraan imum lainnya dengan harga cukup terjangkau karena pantai ini berada di pinggir kota Kupang atau sekitar 1 kilo dari kelurahan Lasiana Kota Kupang.

Setelah jembatan Tarus anda langsung belok kiri memasuki lokasi pantai Sulamanda di desa Mata Air.

Anda harus hati-hati karena jalan ke pantai masih sempit. Sudah ada rencana untuk pelebaran jalan tahun 2020. (Sintus).

  • Bagikan