Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Pramuka Kwartir Cabang Kupang Gelar Jambore


Oelamasi, flobamora-spot.com – Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke 58, Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka),Tingkat Kwartir Cabang Kupang menyelenggarakan kegiatan perkemahan Jambore Cabang Tahun 2019. Keģiatan diikuti 17 Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kabupaten Kupang dengan jumlah peserta mencapai 350 Orang. Jambore tersebut dibuka Bupati Kupang Korinus Masneno pada upacara pembukaan kegiatan tersebut, Senin (26/8/2019) bertempat di SD-SMP Negeri 5 Satap Nunkurus Kecamatan Kupang Timur.

Bupati Kupang Korinus Masneno dalam sambutannya kala membuka kegiatan Jambore Cabang Tingkat Kwartir Cabang Kupang Tahun 2019 menyatakan Gerakan Pramuka adalah gerakan pendidikan yang bertujuan untuk mendidik putra-putri Indonesia menjadi kader/tenaga penggerak pembangunan, bermental baik, mempunyai moral dan budi pekerti serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pramuka dengan segala kemampuannya telah memberikan dampak dalam menempa generasi bangsa menjadi pribadi yang berkualitas. Berbagai konsep menarik dalam pramuka diantaranya semangat, gotong royong, kreatif dan memupuk jiwa kepemimpinan, sangat penting diterapkan dalam pembentukan anak bangsa yang berkualitas.
“Tentu dengan kegiatan pramuka, tujuan yang ingin dicapai ialah terbentuknya anak bangsa yang beriman, memiliki moral yang baik, mental yang kuat, cerdas serta kuat dan sehat jasmaninya,” ungkap Masneno.

Lebih lanjut Masneno menjelaskan Kegiatan perkemahan pramuka merupakan upaya membangkitkan potensi anggota pramuka secara keseluruhan, baik dari aspek fisik, intelektual, emosional sosial maupun spiritual.
“Dalam perkemahan, anak didik dibekali dengan pengetahuan dan pemahaman akan agungnya sang pencipta dengan alam ciptaannya serta melihat pentingnya menjaga kelestarian lingkungan,” Jelas Masneno.
Dirinya sangat menghargai dan mengapresiasi setiap pihak yang terlibat dalam mensukseskan kegiatan Perkemahan Jambore tahun ini dan berharap dapat memberikan dampak nyata dalam membentuk karakter anak bangsa khususnya anak Kabupaten Kupang yang kreatif, mandiri dan berkualitas. Kepada para guru dan pembina pramuka, orang Nomor satu di Kabupaten Kupang ini berharap, metode pembinaan melalui keteladanan, menjadi contoh yang baik menjadi bagian penting dalam pembentukan generasi bangsa yang berkualitas.

Ketua Panitia Jambore, Alexander Lasi dalam laporannya menyatakan tujuan perkemahan Jambore Cabang tahun 2019 untuk mendekatkan Pramuka kepada masyarakat dan mempersiapkan Pramuka tingkat Penggalang untuk mengikuti kegiatan Jambore Daerah di Labuan Bajo tahun 2020 mendatang. Gerakan pramuka sendiri Jelas Alexander memberikan kesempatan kepada para penggalang untuk membina diri menjadi kader pemimpin berkarakter dimasa yang akan datang. Kegiatan Perkemahan Jambore ini dilaksanakan selama 5 hari sejak minggu, 25 – 29 Agustus 2019 bertempat di SD-SMPN 5 Satap Nunkurus Kupang Timur. Beberapa sekolah yang terlibat dalam Jambore ini diantaranya SMPN 5 Sulamu, SMPN 2 Kupang Timur, SMPN 2 Kupang Barat, SMPN 14 Takari, SMPN 1 Amabi Oefeto Timur, SMPN 5 Amfoang, SMP. St. Theresia.

Mars Kresia Taopan peserta perkemahan Jambore dari SMP N 1 Sulamu menyatakan rasa antusiasnya mengikuti kegiatan Perkembahan Jambore ini. Lewat kegiatan ini dirinya bisa mendapat pengalaman, menambah wawasan dan bisa belajar berkerja sama dan saling berbagi. Dirinya berharap dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan Perkemahan Jambore ini dengan baik dan dapat terpilih mewakili Kabupaten Kupang dalam kegiatan Jambore Daerah dan Jambore tingkat Nasional tahun depan. (Humas/sintus).

  • Bagikan