Ketika Gubernur NTT Menerima Para Siswa SMPK Citra Bangsa

  • Bagikan


Gubernur NTT VBL saat menerima siswa/i SMPK Citra Bangsa

Kupang, flobamora-spot.com – Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat setiap saat selalu menerima kunjungan dari berbagai kalangan. Tidak ketinggalan para siswa SMPK Citra bangsa Kupang. Pemandangan ini terjadi di Ruang Rapat Gubernur NTT Senin (27/5/2019).

Kesempatan ini dimanfaatkan oleh orang nomor satu di NTT itu untuk memotivasi 20 anak kelas VII dan VIII Sekolah itu.  

“Anak-anak, kamu harus menjadi generasi muda yang cerdas, belajar rajin, disiplin, tekun, patuh terhadap guru dan orangtua. Kamu harus menjadi pribadi yang tangguh, kuat dan punya kharakter. Ingat baik-baik, Provinsi kita masih tertinggal dalam banyak hal dibandingkan dengan Provinsi lain di Indonesia. Kita sedang berupaya meningkatkan mutu pendidikan di semua jenjang, mutu kesehatan, meningkatkan income, membangun infrastruktur, meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita. Apakah kita mampu? Kita sangat mampu. Yang terpenting adalah kita kerja keras, bekerja sama membangun NTT. Dan kamu sebagai generasi muda, generasi penerus harus belajar rajin di bawah bimbingan para guru yang juga harus cerdas. Guru-guru  kita harus cerdas dan pintar. Kamu juga harus belajar tekun sehingga cerdas dan pintar. Gunakan waktu dengan  baik. Jangan hanya sibuk dengan  HP. Coba lihat di rumah kalian masing-masing. Bapa sibuk dengan HP, ibu juga tidak mau kalah. Anak-anakpun demikian. Sibuk dengan HP nya masing-masing. Tidak berkomunikasi satu sama lain. Dulu kita katakan, jauh di mata dekat di hati. Sekarang apa. Dekat di mata jauh di hati”, demikian sepenggal nasihat Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat saat menerima 20-an siswa siswi Kelas VII dan VIII SMPK Citra Bangsa Kupang yang sedang mengadakan praktek pembelajaran di luar sekolah, sebagaimana dirilis Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTT Dr. Jelamu Ardu Marius dalam akun fbnya @marius jelamu senin (27/5).

Kepala SMPK Citra Bangsa Jublina Ga, STh, MPd.K.ketika itu menjelaskan bahwa tujuan dari pembelajaran ini adalah melatih mental siswa/i untuk mengembangkan diri memperkaya aspek kognitif, afeksi dan psikomotorik dengan  bertemu para Pemegang kekuasaan baik di Tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

“Sebagian siswa/i yang lain bertemu dengan Pimpinan DPRD Provinsi dan juga Walikota Kupang dan pejabat-pejabat terkait lainnya”, tulis Dr Jelamu mengutip pernyataan sang Kepala Sekolah.

Bukan Gubernur Viktor jika tidak menguji pengetahuan anak-anak saat bertemu dengan para siswa / I di mana saja ia berkunjung. Gubernur Viktor mengajukan berbagai pertanyaan kepada anak-anak ini dengan  menjanjikan hadiah 1 juta rupiah bagi yang bisa menjawab dengan benar.

“Nah sekarang saya mau bertanya. Siapa yang jawab benar akan dapat hadiah 1 juta rupiah”, kata pak Gubernur. “Siapa nama Gubernur Nusa Tenggara Timur”, tanya Gubernur Viktor. Kelihatannya anak-anak  mengenal benar nama Gubernur dan berlomba untuk menjawab. ” Ya itu, perkenalkan nama baru jawab”. “Nama Gubernur NTT adalah Viktor Bungtilu Laiskodat” jawab seorang anak di sisi bagian kiri. “Ya benar kau dapat 1 juta rupiah”, sambung Mantan Ketua Fraksi Nasdem ini. Pertanyaan berikut. Apa nama Bendungan yang baru-baru  ini diresmikan oleh Presiden Jokowi? ” Bendungan Raknamo pak”, jawab seorang anak di sisi kanan. ” Salah” jawab Gubernur Viktor. Yang benar adalah Bendungan Rotiklot, kata Gubernur Viktor”, katanya.

“ Ya pertanyaan berikut. Siapa nama Wakil Gubernur NTT? tanya Bpk Gubernur lagi. ” Yosef Adrianus Nae Soi”, jawab seorg anak dengan cepat. ” Ya benar. Dapat hadiah 1 juta”, timpal Gubernur Viktor lagi.

 Anak-anak semakin semangat sambil dengan penuh perhatian mendengar pertanyaan selanjutnya. “Pertanyaan berikut. Sektor apakah yang menjadi penggerak utama pembangunan NTT saat ini? seorang siswi langsung berdiri dan dengan sigap menjawab, ” sektor pariwisata”. ” ya benar dapat hadiah 1 juta rupiah.

Suasana semakin riuh karena anak-anak  berlomba – lomba untuk menjawab pertanyaan bapak Gubernur. ” Nah sekarang jawab pertanyaan berikut. Apa tagline pembangunan NTT saat ini”, tanya Gubernur Viktor lagi. Anak-anak saling berpandangan sambil memperhatikan siapa yang bisa menjawab. Rupanya pertanyaan ini cukup sulit bagi mereka. ” Di dalamnya ada kata Bangkit”, Karo Humas dan Protokol yang duduk sebagai Moderator coba menuntun anak-anak  nuutk mengingat tagline itu. Rupanya tidak membantu juga. ” NTT bangkit, NTT ……… ” SEJAHTERAAAAA…. jawab anak-anak serentak. Yah NTT bangkit menuju NTT sejahtera, kata Gubernur Viktor yg nampak santai penuh Kebapakan menyapa anak-anak ini”, demikian rilis Ketua Sarjana Katolik Indonesia Cabang NTT itu.

Seusai pertemuan yang bagi anak-anak  ini akan menjadi sebagian dari sejarah hidup yang tidak akan dilupakannya, Gubernur Viktor melayani anak-anak  untuk foto bersama.  “Gubernur  Viktor juga mengarahkan salah seorang staf untuk menyerahkan 5 buah amplop lagi kepada kepada anak-anak lewat  ibu Guru”, pungkas Jelamu.

  • Bagikan