Gubernur NTT Senang Lihat Potensi SMK

0 96


KUpang, flobamora-spot.com –  Sejak kemarin hingga  beberapa hari ke depan Sekolah Menengah Kejuruan Negri di NTT mengikuti Gebyar SMK yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nusa Tenggara Timur. Gelar Gebyar ini mau menunjukkan kepada masyarakat bahwa  Para siswa SMK tidak hanya memiliki pengetahuan di kelas tetapi Skil atau ketrampilan yang diajarkan di Sekolah.

Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat sebagaimana dilaporkan Karo Humas dan Protokol Setda NTT Dr Jelamu Ardu Marius sangat senang  melihat Potensi anak-anak SMK.

“Dan kita melihat bahwa bapak Gubernur sangat bergembira. Inilah potensi SDM NTT yang perlu didukung tidak hanya  oleh Pemerintah tetapi oleh seluruh elemen masyarakat di Nusa Tenggara Timur. Dan Gubernur Viktor minta agar kerjasama berjalan dengan baik mengingat potensi Sumber Daya Manusia NTT begitu besar tinggal bagaimana dikembangkan”, jelas Karo Humas dan Protokol Setda NTT Dr. Jelamu Ardu Marius dalam live report dengan Radio Tirilolok Selasa (7/5).

Marius  menjelaskan, selama beberapa hari ini para peserta Gebyar SMK akan memamerkan hasil karyanya kepada masyarakat NTT seperti  mendisain lampu-lampu, juga perabot rumah tangga, tenun ikat dan berbagai hasil kerajinan mereka. Khusus SMK Perikanan mereka  tampil dengan berbagai aneka ikan hias buatan.

“Ini yang perlu didorong karena potensi SMD anak-anak NTT begitu besar. Sekarang Gubernur Viktor tidak hanya mendorong sekolah kejuaraan ya tapi Sekolah umum untuk mengembangkan Ketrampilan, Kognitif, Afeksi  dan psikomotorik dan ini sangat besar pengaruhnya untuk anak didik kita kemudian hari”, tutunya.

Marius menambahkan, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat mendorong perlunya regulasi melindungi hasil-hasil karya anak-anak NTT khusunya di SMK.

“Gubernur mendorong semua Kepala Dinas di seluruh NTT untuk menciptakan regulasi  melindungi produk-produk yang dihasilkan Sekolah Kejuruan, sehingga apa yang dihasilkan memiliki pasar yang jelas”, urainya.

Pada akhir laporannya Marius menginformasikan, agenda Gubernur NTT Rabu (8/5) yakni menghadiri Musrenbangnas yang dihadiri Presiden RI Jokowi. “DalamPertemuan ini Gubernur NTT akan menyampaikan seluruh program Pemerintah Daerah dan Pusat untuk disinergikan dalam satu perencanaan yang terintegrasi sehingga seluruh program dapat berjalan dengan baik. Sementara Wakil Gubernur akan ke Manggarai timur untuk melaunching  pengerjaan jalan Provinsi di Kabuapten Manggarai Timur”, pungkasnya.